QS Yasin : 65

Ketika Tangan Dan Kaki Berkata


:: Lirik oleh Taufiq Ismail :: Lagu oleh (Alm) Chrisye


Akan datang hari mulut dikunci
Kata tak ada lagi
Akan tiba masa tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
Tak tahu kita bila harinya
Tanggung jawab tiba

Rabbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kamu
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya sempurna

Mohon karunia
Kepada kami
Hamba-Mu
Yang hina

1997 (Sumber : Majalah Horison tahun 2007)

Lagu ini emang jadul banget, yah kira-kira udah 12 tahun yang lalu. Tapi bulu kuduk tetep merinding begitu denger lagu ini. Ngebayangin hari tanggung jawab kita tiba disaat kita bersantai ria karena terlena oleh dunia.
Lagu ini ditulis oleh Taufiq Ismail, awalnya Chrisye sendiri yang akan menulis liriknya, namun karena buntu, beliau menyerahkan tugas itu kepada Taufiq Ismail dengan tenggat deadline satu bulan. Setali tiga uang dengan Chrisye, Taufiq Ismail pun hampir saja menyerah karena macet ide. Namun justru ide datang karena kebiasaan beliau membaca surat Yasin, dan ketika sampai pada ayat 65 "Pada hari ini Kami akan tutup mulut mereka, dan tangan mereka akan berkata kepada kami, dan kaki mereka akan bersaksi tentang apa yang telah mereka lakukan." jadilah lagu itu. Begitu menggugahnya hingga Chrisye pun menangis tersedu saat menyanyikannya.

Kini. Saya dan mungkin sahabat semuanya mulai menyadari, bahwa apa-apa yang kita lakukan akan dimintai pertanggung jawabannya kelak. Mungkin saya akan menjawabnya "Simpel, Klise, dan sudah sering didengar" tapi jika dihayati, maka pemaknaannya akan sungguh mendalam.

Terimakasih tiada hingga bagi Dia yang membuat matahari bersinar, hari berganti, bumi berputar dengan segala keteraturannya, hujan turun dengan siklusnya yang sempurna, dan memberikan rahmat, cinta, juga kasih-Nya yang Maha kepada bumi, galaksi, hingga semesta raya. Terimakasih kepada murabbi abadi kita, Sang pembawa pesan-Nya yang setia, atas cintanya kepada umat-umatnya. Tak lupa bagi para sahabat, keluarga, dan para tabi'in yang dedikasinya tak perlu keraguan lagi atasnya. :-)

0 komentar: