Prasangka Buruk

Saat ini saya masih bekerja sebagai customer service di salah satu bank syariah di Semarang, beberapa hari yang lalu saya kedatangan tamu istimewa. Tamu ini sudah kami beri "label" sehingga siapapun diantara kami yang kebagian jatah melayani mereka harus ekstra sabar dan juga ekstra senyuman.

Sialnya, dua rekan saya yang lainnya sedang sibuk semua dan belum ada tanda-tanda selesai dalam waktu dekat. Sedangkan nasabah didepan saya sudah akan bersiap pulang. Duh!

Tamu yang istimewa ini saya sambut dengan senyuman dan hati yang lapang. Sambil mensugesti diri sendiri bahwa ini akan baik-baik saja dan saya bisa mengendalikan mereka. Sampai pertengahan transaksi saya bisa memahami apa yang mereka mau dengan kunci : buka telingamu lebar-lebar. Hehe pahami apa yang mereka mau.

Setelah nasabah ini pulang, saya belajar lagi bahwa tidak perlu berprasangka sebelum mengenal. Bahwa etnis tidak bisa dijadikan alasan untuk membencinya. Mereka hanya perlu dipahami dan saya sedikit membuka ruang dihati.

Kedatangan mereka memang agak sedikit merepotkan sih, karena memecah konsentrasi saya antara mendengarkan percakapan dua bahasa dan mengetik perintah ke layar monitor. Tapi mereka jauh mau lebih memahami alur transaksi yang saya gambarkan dan tidak protes dengan sejumlah biaya yang disodorkan.

Transaksi berjalan mulus dan diakhiri dengan ucapan dari mereka, "semoga kamu sukses ya, Non"

Sederhana. Tapi itu membuat hati ini menghangat.

Semarang, awal Desember 2015

0 komentar: