Akhirnya....Hujan juga ^ ^

Pagi-pagi udah disambut hujan..Alhamdulilah.soalnya saya suka hujan-hujanan..hehe masa itu udah lama lewat.. Tapi bahayanya kalo hujan bin mendung gitu sayanya juga suka kebawa males,hawanya pengen tutupan pake selimut aja sambil ditemenin si Sena atau si Ableh, kucing jantanku yang gagah itu ^ ^ Apalagi kalo udah ada jarkom : Jam....udah kumpul dikampus.. Males sih? Tapi ya mau gimana lagi, resiko kuliah.

----
Hujan. Hari ini juga hujan lho? Yup, Semarang mendung di pagi hari sampe malem.. Asiiikk.. Tiap hari biasanya panas, sekali-sekali boleh lah ngerasain hawa adem gini :-)

----
Hujan.Saya jadi inget dia kalo hujan (^_^) Hehe..boleh ya diinget sebentar aja.
Ps : Ati2 ya mas di batavia?

Secangkir Kopi

Dia tahu saya menyukai aroma kopi yang saya sesap tiap pagi.
Secangkir kopi
Bahwa aromanya menggoda
Membuat saya tergoda untuk tersenyum.
---
Seperti Dia, mengajak menyusuri pagi batas mimpi
Seperti Dia, menjejak hati mengajak memberi pada hari
Seperti Dia, menyelusup pada relung bahwa akan ada cinta untuk semua

Nanti dia yang akan membuatkan kopi untuk saya setiap pagi.
Bukan lagi aromanya menggoda
..

Saya menikmati setiap detik yang terlewati,
memutar sendok, menghitungnya seperti saya menghitung kepulangannya
30 putaran, lalu mengangkatnya..
Membaui aroma kopi yang menembus lipatan otak..
---
Saya mengingatnya.
Dan akan menunggunya.

Menyulam :: Tak sesulit itu

11.12
Ayolah, jangan terus merengek manja
Meminta supaya kau mau menemaniku minum teh di beranda rumah
Angin senja tak bagus untuk punggung ringkihmu
Membuatmu terbatuk dan aku khawatir

---
11.13
Tapi aku ingin menyesap teh buatan tanganmu,
Kadang kau menaburkan bunga melati
Kau menyeduh sambil bercerita
Cinta panjangmu bertemu denganku
Sambil sesekali kau melirik dan menebar senyum buatku diam..

---
11.14
Cepatlah masuk..
Sebelum angin membuatmu tak bisa tidur semalaman.
dan seperti biasa membuatku harus bercerita semalam suntuk.
Menunggumu tertidur.

---
11.15
Sekali saja.
Ayo temani aku duduk di beranda
Kupakai jaket rajutan hadiah darimu tahun lalu
Lalu duduklah disamping, jangan dihadapanku..
Ceritakan dari awal.
Kudengarkan..

---
Aku hendak menyulam.. satu satu
yang telah berguguran.
merangkainya.
Agar kau bisa memakainya suatu hari
Jika.
Tak kau temukan aku suatu sore di beranda kita.


i put my love on earth

Saya cinta bumi tapi bumi terlalu luas untuk saya jaga. Saya hanya dapat menjaganya dari apa yang terdekat saja. Dibelahan bumi sana juga banyak individu maupun komunitas yang concern dengan keadaan bumi yang seakan sudah tua. Kadang saya juga lelah, sekitar saya tidak punya pemikiran yang sama. Tapi ada kawan yang punya pemahaman sama dan selalu menyemangati. Saya rasa dengan menjaga bumi, dengan cinta, kita bisa melewati batas waktu. Walaupun kita sudah tidak lagi hidup, biarkan anak cucu yang akan menikmati hasilnya. Yagh.. mungkin ini terlalu muluk.. tapi seperti yang Om John Lennon bilang " You may say I'm a dreamer, but I'm not the only one. I hope someday you join us.. "
-----
Mimpi saya : Melewati batas waktu dengan menjaga bumi.

Jejaring Kata

Tidurku tak lagi nyenyak
Dan aku lebih banyak terjaga
Semuanya terdengar.. Nyaring
Suara jangkrik, detik jam, deru kipas angin, atau lenguhan panjang si Manis..
--
Aku memincingkan mata,
sambil menghitung rangka kayu
sambil menghitung kata..
Sibuk merapal doa.
--
Tuhan, pejamkan mata
Sebentar lagi ayam akan bersahutan
Muadzin akan mengumandangkan adzan
.. Berdiri, memandang kaca, lihat! Mataku memerah.. Aku lelah
--
Tuhan, aku mengeluh
Yang tertinggal adalah kesah
Diluar sesekali gemuruh,
nampaknya hujan menanti perintah Tuhan,
untuk mendinginkan bumi yang kerontang
--
Kemudian,
melegakan..
--
*Aku hendak mencapai mimpi kemudian tak bangun lagi

Puisi untuk dia dan Dia

Kadang harus berseteru dengan hati,
Ada dua yang harus dipilih.
Meraihnya
atau
Meraih-Nya
atau meraih keduanya.

( cuplikan buku Bulan Tak Purnama )

Tiba2 saya pengen nulis..

Karena sedikit banyak saya sedang kesal.. Bukan marah ya,,digarisbawahi! Bagaimana dia harus bersikap atas masalah yang dia hadapi. Jika rasa itu terlalu berat dia tanggung, tidak seharusnya dia menangis lalu mengumpat kata kasar. Masalahnya pernah saya alami,dulu dan sekarang saya bisa tersenyum lebar jika kadang saya mengingatnya. Ya, saya pernah mengalaminya dan itu proses pendewasaan. Sepertinya, saya melewatinya seorang diri, mengafirmasi dan terus menahan supaya saya tidak menangis karena seorang manusia yang fitrahnya ingkar dan menyakiti hati. Berusaha tidak sedih dan menyibukkan diri dengan kegiatan ROHIS fakultas. Nah, inilah yang penting! Lingkungan! Bagaimana lingkungan yang baik juga akan mempengaruhi hati kita! Saya bersyukur disini dipertemukan dengan lingkungan yang kondusif ditengah kesakitan saya saat itu. Disaat saya belum "matang" dan dipaksa untuk menerima hidup, saya bertemu mereka, pertemuan yang Allah atur ini sangatlah berkesan bagi saya. Saya bisa memanfaatkan waktu akhir pekan saya untuk mengkaji ilmu Islam dan mengaji. Kesakitan yang bermanfaat.
-------------
Saya tidak menyalahkan dia. Namun, akan lebih baik jika masalah ini tidak dipandang dari satu sudut kesakitan dia saja. Memang, bicara itu mudah. Tapi pikir ulanglah apa yang saya ucapkan tadi. Kesakitan ini akan berlalu dan mengajarimu bagaimana harus bersikap! Termasuk juga bagaimana memperlakukan seorang kawan. Saya berdoa semoga kamu mengerti bagaimana harus menyikapi ini semua dan menjadi pribadi dewasa yang mampu memanfaatkan kesakitan menjadi sebuah proses perbaikan diri.
-------------
Saya akan membantumu melewati ini semua.
dan
Saya menyayangimu sebagai seorang kawan, seorang saudara di dunia - akhirat

Wanna drink Coffee??

Saya suka sekali minum kopi. Sehari bisa 5 kali saya minum. Bisa itu kopi instan, atau sengaja nyanggong ke Warung Aceh untuk minum 2 cangkir kopi Aceh. Tapi sejak saya sakit dan keluar ultimatum dokter kalau tidak mau dioperasi, mau tak mau saya pun harus membiasakan diri NO COFFEE ANYMORE.
---------
Kandungan Kafein dalam Makanan/Minuman

Satu cangkir kopi rata2 mengandung 100-150 miligram kafein.
Satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) single-espresso rata2 mengandung 80-120 miligram kafein.
Satu cangkir teh rata2 mengandung 40 miligram kafein.
Satu batang coklat ukuran sedang rata2 mengandung 20-60 miligram kafein.
Satu botol minuman kola berukuran 340ml mengandung 40-60 miligram kafein, atau kira2 separuh kandungan kafein dalam secangkir kopi/espresso
-------
Efek Jangka Pendek
Dalam “The Pharmacological Basis of Therapeutics” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa:a/ Efek positif dari kafein antara lain: menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan, peningkatan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil.Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah2 cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih “segar”.b/ Efek negatif kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain: kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut, dan diare. Kafein dalam jumlah yang lebih besar (yang dikandung oleh -misal- 10 cangkir kopi yang diminum berturut2) akan bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram, atau kira2 100 cangkir kopi yang diminum berturut2. Jadi jangan coba2 bunuh diri dengan cara ini, karena kemungkinan besar di cangkir ke 75 perut anda sudah kembung dan tidak kuat minum lagi. Hehe..
-------
Efek Jangka Panjang
Para peneliti sejak lebih dari 20 tahun lalu sudah berusaha menghubungkan kopi atau kafein yang terkandung di dalamnya dengan berbagai macam penyakit, tapi sampai sekarang tidak mendapatkan bukti yang meyakinkan. Tahun 70-an di Amerika Serikat pernah dipublikasikan bahwa meminum 12-24 gelas kopi sehari dapat menyebabkan gangguan kehamilan.. pada tikus Tubuh manusia mungkin mempunyai metabolisme yang berbeda untuk mengolah kafein kan? Yang perlu diperhatikan, meski anda sedang hamil atau tidak, adalah konsumsi yang wajar.
-------
Jumlah Konsumsi yang Wajar
Jadi dalam jumlah yang wajar kafein dapat membantu pikiran, pekerjaan, dan pergaulan, tapi akan berubah menjadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah yang tepat berbeda untuk tiap orang. Yang bisa dijadikan pedoman adalah bahwa sampai saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan efek2 negatif kafein terjadi bila dikonsumsi dengan dosis di bawah 300 miligram sehari. Bila 1 demitasse single-espresso mengandung sekitar 100 miligram kafein, berarti kita bisa minum sampai dengan 3 cangkir espresso sehari dengan aman tanpa terpengaruh efek negatif dari kafein; dengan asumsi anda tidak minum terlalu banyak minuman kola, makan coklat, atau minum obat sakit kepala di hari yang sama.Namun seperti saya sebutkan di atas, efek kafein pada tiap orang berbeda2. Ada orang yang biasa minum sampai 5 cangkir espresso dalam sehari dan tidak merasakan efek negatifnya.
-------
Addicted by Coffee Effect :
(republikbm.blogspot.com)
Ciri umum ketergantungan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari saja tidak minum kopi. Yang wajar adalah mengonsumsi kopi sebanyak 85 - 200 mg atau 1 - 3 cangkir kopi. Namun, minum kopi di atas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi kandung kencing cepat penuh.Minum kopi terlalu banyak bisa pula mengurangi kesuburan wanita, apalagi kalau dikombinasikan dengan alkohol. Bagi wanita usia menopause, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menambah risiko kekeroposan tulang (osteoporosis).Pada dosis sedang, kafein menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Jadi para penderita kelemahan lambung hendaknya menghindari konsumsi kopi.Cara pengolahan dan penyeduan kopi pun memberi andil terhadap dampak yang ditimbulkannya. Bentuk pengolahan dan penyeduhan kopi tubruk misalnya. Kopi tubruk pada umumnya lebih keras karena bubuk kopi dalam cangkir atau gelas langsung diseduh air mendidih. Lagipula kopi tubruk pada umumnya menggunakan kopi lebih kasar, dipadu dengan gula batu. Dengan sendirinya akan lebih banyak ampas bubuk kopi yang masuk ke tubuh kita dibandingkan dengan kopi yang diseduh dalam teko. Maka dapat dipahami bila efek sampingan kopi tubruk lebih tinggi dibandingkan dengan secangkir kopi yang sudah "tersaring" ampas kopinya.
--------
* Itu baru sebagian kecil efek negatif long and short term minum kopi. Saya pun hanya bisa mengurangi sedikkiiiit... Karena kopi adalah "Kawan Akrab" keluarga saya dirumah.
Jadi tak usah heran, kalau Anda berkunjung, maka di hadapan Anda akan tersaji 1 cangkir kopi, Mau nambah?