Dukung Kampanye Kami


** Ini salah satu gambar dari kegiatan afirmasi kita terhadap mahasiswi FISIP

Campaign kita udah berlangsung selama dua minggu. Tidak berturut – turut memang, karena dalam tahap awal, kita hanya melakukan afirmasi ke mahasiswi – mahasiswi FISIP yang kita temui di lokasi seputaran FISIP. Afirmasi dimaksudkan untuk mengedukasi dan berkomunikasi secara langsung terhadap target sasaran kampanye kita ini. Beberapa diantara kita memberikan penjelasan mengenai lima dimensi menstruasi secara direct kepada target sasaran, serta menanyakan hal – hal apa saja yang sudah dan belum mereka lakukan dan memberikan penjelasan hal – hal yang sederhana namun berguna bagi kesehatan Miss V mereka saat masa menstruasi tiba. Namun, masih ada hal yang ditakutkan yaitu keengganan mahasiswi membicarakan hal seputar menstruasi karena masih dianggap sebagai hal yang sensitif untuk diperbincangkan, sehingga akan menghambat aksi kampanye kita.


Selama tiga minggu masa kampanye, hal – hal yang dilakukan adalah memasang poster dilokasi yang relevan dengan target audiens kita. Karena kampanye yang kita angkat adalah mengenai Memberikan Perhatian Ekstra Pada Miss V Saat Masa Menstruasi, maka sesuai dengan data yang ada, lokasinya antara lain kamar mandi, papan mading, papan pengumuman jurusan Komunikasi, dan depan papan Tata Usaha. Untuk lokasi pemasangan spanduk adalah depan ruangan bagian pengajaran FISIP. Lokasi tersebut dinilai strategis karena sering dilalui oleh mahasiswa FISIP. Setelah pemasangan poster dan spanduk, kita juga memasang mading yang berisi hal seputar menstruasi di samping mading BEM atau depan ruangan B.104.


Untuk eksekusi akhir, kita akan mengadakan talkshow pada hari Selasa, 23 Desember 2008 berlokasi didepan taman Dekanat yang dipandu oleh dr.Iwan. Sejak tahun 1998 sampai 2000-an, beliau merupakan volunteer di PILAR PKBI. Namun, sekarang memutuskan untuk independen dan aktif mengisi berbagai acara talkshow dan sebagai host acara Channel 23 di TVKU yang merupakan acara tanya jawab seputar permasalahan remaja. Setelah acara talkshow, bukan berarti kegiatan kampanye ini berakhir begitu saja, masih ada tahap akhir yaitu evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk menghitung berapa besar tingkat pengetahuan target audiens setelah dilakukannya kampanye. Karena kampanye kami mengusung tujuan peningkatan pengetahuan, maka kami akan mengukur selisih peningkatan sebelum dan setelah kampanye dilakukan, apakah sudah memenuhi target pencapaian awal atau belum?

Hasil akhir inilah yang nanti menentukan keberhasilan aktivitas kampanye kita berhasil atau tidak.

PR CAMPAIGN : Tugas Akhir


** Issu yang kami angkat mengandung 5 dimensi Menstruasi

Untuk issu yang kelompok kami angkat adalah bahasan mengenai hal yang sudah jamak bagi kaum wanita, dimana kamu wanita pasti mengalami siklus mestruasi setiap bulannya. Berangkat dari hasil riset yang kami lakukan kepada 30 responden yang terdiri atas mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UNDIP SEMARANG. Kami menyimpulkan bahwa fenomena yang terjadi adalah bahwa rata - rata mahasiswi sudah melakukan tindakan - tindakan sederhana untuk menjaga kebersihan Miss V selama masa menstruasi maupun masa pasca menstruasi. Namun, tingkat pengetahuan yang mereka miliki masih kurang, sehingga mereka kurang mengetahui manfaat dibalik tindakan preventif itu. Maka kami bertujuan ingin meningkatkan pengetahuan responden, mahasiswi FISIP pada khususnya, terhadap pentingnya memberi perhatian ekstra pada Miss V selama masa menstruasi.

Masa menstruasi memang memerlukan sedikit kecermatan dibandingkan hari biasa. Kenapa?

(1) Darah yang mengendap dalam pembalut mengandung banyak bakteri, area seputar vagina yang lembab sangat disukai oleh bakteri, sehingga mau tak mau wanita harus sesering mungkin mengganti pembalutnya selama masa menstruasi, dimungkinkan 4 jam sekali

(2) Pembalut terbuat dari bahan kertas recycle, sedangkan untuk merecycle kertas pasti dibutuhkan zat kimia yang bila terkena air akan menimbulkan reaksi tertentu, apabila zat ini masuk ke dalam vagina, efek jangka panjangnya adalah Kanker Serviks, itulah alasan kedua mengapa kita harus sesering mungkin mengganti pembalut.

(3) Bila Anda sedang berada di toilet umum, harap waspada! Jangan membasuh Miss V Anda dengan air yang tertampung didalam bak atau ember, optimalkanlah air dari keran. Karena air yang tertampung dalam bak atau ember mengandung lebih banyak bakteri ketimbang air yang mengalir.

(4) Selalu sedia handuk mini dalam tas Anda kemanapun Anda pergi, keringkan vagina Anda menggunakan handuk yang lembut, ini lebih baik dari pada menggunakan tissu, karena tissu terbuat dari bahan kertas juga.

(5) Celana dalam juga termasuk faktor yang penting, karena bersentuhan langsung dengan area kewanitaan kita, bila tidak sering diganti akan menimbulkan jamur dan mengakibatkan rasa gatal.

Gimana ngajarin anak kucingmu pup di toilet?

Kucing juga bisa diajarin supaya pup di kamar mandi lho. Mungkin ini kurang valid, tapi saya sama mamah mengamati tingkah laku kucing kami dirumah selama bertahun - tahun.
Kurang lebih gini caranya :

  1. Kucing, apalagi kalo masih asing sama lingkungannya, biasanya suka pup disembarang tempat. Jadi pertama harus dikenalin dulu sama sudut - sudut rumah.
  2. Kucing, tabiatnya suka muter - muter atau meong - meong kalo mau pup tapi ga tau tempatnya.
  3. Nah, kalo kucing dah kayak gitu, masukkin ke dalam kamar mandi terus tutup pintunya. Tunggu sampe kucing pup.
  4. Kalo udah selesai, gendong kucing, terus deketin hidungnya ke tempat dimana tadi dia pup ( ini karena hidung kucing itu sensitif banget.. )
  5. Lakukan ini secara berulang - ulang sampe si Kucing jadi terbiasa pup di kamar mandi.
  6. Eitss.. harus sabar yaa? Jangan sampe si Kucing dipukulin gara - gara kamunya ga sabaran.. ^ ^

Ps : Pup kucing harus segera dibersihin. Jangan dibiarin lebih dari 2 x 24 jam karena bakteri yang didalamnya bisa mengganggu kesehatan manusia disekitarnya. Tapi jangan salah paham ya? Ga semua kucing itu mengandung tokso. Kucing asal dijaga kehigienisan makanannya ( bukan makan bangkai atau sampah ), rutin dimandiin, rutin juga dikasi obat cacing khusus buat kucing ( bisa dibeli di dokter hewan dengan harga terjangkau... ) bisa meminimalisir kemungkinan negatif terjangkit tokso. ( hehe.. ini saya juga taunya gara - gara ngobrol sama bu dokter hewan Sayekti ^_^ )

GoodLuck yaa...

- Salam Pecinta Kucing *Domestic Short Hair* -

Maryamah Karpov :: Kurang Fokus

Dibanding 3 novel pendahulunya. Maryamah Karpov menurut saya adalah yang paling gak fokus ceritanya. Karena terlalu banyak deskripsi yang menghabiskan berhalaman kertas tapi isinya cenderung berbelit. Saya sampe lompat - lompat bacanya, karena ya itu tadi, Bosen!

Di cover tertulis bahwa ini Mimpi - Mimpi Lintang, tapi lintang koq cuma dapet porsi cerita sedikit ya? Cuma beberapa halaman aja yang memuat kisah kejeniusan, kesuksesan Lintang? Apa pula maksud dari judul Maryamah Karpovnya?

Apakah pembaca yang lain juga merasa kalo ada kesan Sahara bukan menikah dengan Akiong? Sedangkan di Laskar Pelangi diceritakan bahwa Sahara dan Akiong akhirnya menikah.

Saya membaca tetralogi karya Andrea dari sudut pandang yang objektif, maksudnya diluar masalah pribadi atau permasalahan fiktif atau tidak penokohan didalamnya. Karya Andrea bisa dibilang angin baru ditengah karya yang sedang beraliran homogen dan monoton. Disamping gaya bertutur yang menarik ( terutama untuk ketiga novel pendahulu ) karya Andrea juga inspiratif bagi banyak pembacanya.


HEY!!! DO SOMETHING!! FOR THEM









Argo pernah cerita dengan hebohnya.. Kalo petualang akhir malamnya ke Tinjomoyo berbuah rasa kaget. Awalnya saya nggak begitu percaya dengan cerita - cerita kalo dia dan kawan - kawannya menemukan orang utan di Tinjomoyo. Padahal Tinjomoyo itu adalah "mantan" kebun binatang yang sekarang udah direlokasi ke Mangkang. Jadi, apa maksud dari dua kera dan satu orang utan yang masih tertinggal ini??


Kenapa mereka ditinggalin?? Maksudnya pemkot itu gimana sih?? Koq mereka tega banget ninggalin hewan - hewan itu disana, tanpa makanan yang layak ????

SATU KATA : GA BERKEPERIMANUSIAAN!!

From : http://hidupku-penelitianku.blogspot.com/

Have to Answer

Apakah semua yang berjarak itu membuat hati gelisah?

Tolong dijawab ::

Boleh saja saya benci dia..

Tapi setelah saya berpikir agak lama dan mengamati perkembangan virus membenci di hati saya, saya bisa bilang bahwa saya tidak benar - benar bisa membenci orang 100%. Setelah beberapa kali mengalami hal yang sudah kelewat batas, saya sempat membenci mereka, tapi beberapa bulan berselang, kebencian saya mulai pudar. Saya memaafkan mereka atas hal yang mereka lakukan. Saya berharap Allah menyampaikan maaf saya melalui doa karena saya tidak bisa lagi bertatap muka dengan mereka atau dia yang telah menorehkan luka.

Bagi saya diantara sekian arti memaafkan adalah melupakan dan menghindar. Ya, boleh saja saya membenci kemudian berujung pada kata Maaf tapi saya tidak bisa lagi sedekat dulu dengan dia, atau cenderung menghindar. Saya tidak naif, saya berpaham jika memaafkan berarti juga melupakan. Tapi akan berbeda sudutnya jika berbeda pula objeknya. Saya menyediakan maaf yang tulus bagi kedua orangtua, atas apapun kesalahan selalu ada kata maaf atas kebaikan yang mereka baktikan pada saya. Jika ada konflik, saya segera merefleksikan ulang kebaikan - kebaikan apa saja yang telah mereka persembahkan bagi saya, beberapa detik kemudian saya sungguh menyesal pernah menghadirkan kemarahan di dalam hati, bahwa mereka berdua terlalu putih untuk saya nodai dengan titik kemarahan.

Semoga dalam perjalanannya nanti, saya bisa berproses menghapus yang buruk- buruk ini dan semoga saudara-saudara yang ada di FKMM Rohis FISIP Universitas Diponegoro juga memaafkan saya. Amien