Emak Ingin Naik Haji

"Ayoo.. yang belum nonton? Jangan sampe ketinggalan nonton EINH yaaa..??? Dijamin keimanan kita untuk berhaji insyaallah bertambah kuat!"

Saya nonton film ini di E-Plaza, Semarang. Satu teater isinya cuma 9 orang dan duduknya pisah jauh-jauh. Berasa milik sendiri. Karena disitu saya ngga ngerasa tanggung buat nangis atau ketawa.

Tiba-tiba.... saya rindu Tanah Suci :-(

Saya suka cerpen ini karena setelah dibukukan bersama cerita pendek lainnya, royalti buku ini akan digunakan untuk menghajikan mereka yang ingin ke Tanah Suci namun tidak ada biaya.

Subhanallah!! Tanpa pikir panjang saya pun membeli buku ini, karena dengan jaminan nama mbak Asma Nadia sebagai penulis, semua ceritanya pasti bermakna dan menyegarkan jiwa.


Setelah membacanya saya tau bahwa pilihan saya benar!


Versi cerpen tidak jauh berbeda dengan versi filmnya. Hanya ada penambahan beberapa adegan dan juga tokoh. Kalo di versi cerpen, cerita berhenti setelah Zein tertabrak mobil karena saking gembiranya setelah tau bahwa salah satu nomor undian yang berhadiah umroh adalah nomor undian milik Zein.


Kalo versi film. Setelah Zein tertabrak, Zein dilarikan ke rumah sakit oleh si Penabrak (tokoh politikus yang bertengkar dengan istrinya didalam mobil, sebelum akhirnya menabrak Zein. Istri si politikus itu meninggal akibat tabrakan itu). Karena anak sulung pak Haji yang berkali-kali umroh dan naik haji sudah bernazar jika dia dan bayi yang dikandungnya selamat maka dia akan memberangkatkan haji Emak dan Zein.


Happy Ending...!!!

Ceritanya memang sederhana karena diangkat dari realitas kebanyakan masyarakat Indonesia. Film yang sederhana ini hadir berbarengan dengan film kiamat 2012 juga beberapa film panas sampah khas Indonesia. Emak Ingin Naik Haji (EINH) jadi semacam pemuas dahaga buat kita yang bosan nonton film monoton seperti itu. Agak disayangkan juga karena saat saya menonton EINH, penontonnya cuma segelintir. Kontras dengan antrian 2012 yang mengular. Bahkan full booked sampe besok.


Two thums up buat mbak Asma Nadia juga semuanya yang terlibat dalam pembuatan cerpen ini sampe diangkat ke layar lebar. Film "sehat" inilah yang kita butuhkan saat ini.


ps : semoga cerpen-cerpen mbak Asma Nadia lainnya juga bisa diangkat ke layar lebar :-) Amin

ADA YANG BISA BANTU SAYA?

Mungkin ada yang tau nama bapak penjual gorden keliling di kabupaten Bandung yang juga seorang pecinta buku dan punya perpustakaan sederhana di desanya? Profil beliau beberapa kali pernah ditayangkan di televisi, tapi itupun sudah beberapa tahun silam. Sekarang saya sedang butuh informasi tentang beliau. Penting.

ps : syukur-syukur kalau ada yang bisa ngasih tau alamatnya juga :-)

Teman..Arghh..Teman

Seumuran saya ini, baru beberapa kali saya punya yang namanya SAHABAT. Kapital semua jadi artinya orang yang termasuk dalam catatan saya itu punya artian amat penting.

Saya bisa dibilang judes sama orang, apalagi yang baru kenal. Tapi yang judes mah cuma muka doang sebenernya mah? soalnya dalam hati, saya selalu pengen nyapa duluan. hehe..

Temen mah banyak tapi yang bisa dijadiin SAHABAT itu cuma beberapa. Kadang juga putus ditengah jalan. Definisi SAHABAT buat Nida :
  1. Satu selera, minimal satu deh yang sama, supaya enak kalo ngobrol biar ngga garing.
  2. Bisa diajak susah bareng, misal kalo pas ngga punya uang bisa dicurhatin sepuas hati
  3. Ga gengsian, contohnya mau diajak naik bis kota atau kereta ekonomi :p
  4. Ada saat masing-masing butuh
  5. Ga suka ngomongin dibelakang
  6. Apa adanya, he/she'll be being him/herself around here
  7. Saling menyemangati, bukan saling ngejatuhin
  8. Penolong
  9. Satu yang penting! Ga sms atau telpon kalo cuma pas butuh doang. Ini yang ngga banget.!!!
  10. Walaupun udah pisah jarak tapi tetep keep contact, ngejaga silaturahim :-)

Belajar Dari Penjual Roti dan Kerupuk

Akhir-akhir ini saya suka boros dalam pengeluaran yang emang ngga sebanding sama pemasukan. Pengeluaran itu pun kadang saya rasa suka sia-sia, misal buat makan atau beli hal yang ngga penting. Ujung-ujungnya yang ada rasa nyesel karena kenapa uang itu ngga saya tabung atau dipake buat sesuatu yang berguna. *Sedih*

Tadi siang sekitar jam dua siang *panas bangeett...*, pas perjalanan pulang dari kampus menuju rumah. Saya liat kakek penjual roti lagi nuntun sepeda rotinya di pinggir Jl.Ngesrep, Tembalang. Si kakek jalannya sambil nunduk, dilehernya terlilit handuk kecil.

Sampe rumah, mamah cerita habis beli kerupuk di tukang kerupuk yang suka lewat depan rumah. Kata mamah, tukang kerupuk ini masih muda, cocok jadi anak sekolahan, dan kalo terawat dengan baik pasti cakep. Hanya karena kondisi ekonomi dia jadi terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Tukang kerupuk ini pasti nengok kerumah saya saban kali dia melintas. Mamah yang ngga tega akhirnya maksain beli beberapa plastik kerupuk, sambil nawarin si mas minum segelas air es. *cuaca jam satu siang. Pasti kebayang panasnya kayak apa??* Si mas ini keliatan haus banget, kata mamah. Dia juga bawa botol aqua buat wadah minum, tapi airnya udah habis. Mamah sempetin nanya-nanya sama si mas kerupuk. Dia ternyata ngekost di Salatiga *what??? Salatiga itu lumayan jauh buat ditempuh dengan cara jalan kaki!!* Udah gitu jualannya juga susah, karena jarang laku. T.T

Ya Allah. Sedih banget liat mereka yang susah cari uang buat sekedar bertahan hidup. Saya malah kadang ngga mikir ngeluarin uang, padahal saya belum kerja. Hiks *Boros*