Mangrove Replant 2008

Jepara 18 - 20 Juli 2008 ada Seminar Nasional" Forest For Rent " di Teluk Awur, Jepara.. Yang ngadain tuh anak KESEMAT, Kelautan Undip..Awal liat invitationnya di boulevard Hukum, eh pas besoknya mau nyatet HTMnya, tuh invitation dah ada yang ngerobek!!

Asiknya bisa ketemu temen baru dari UGM, UI, UNAIR, UNNES, UNPadang, atau anak fakultas lain dari UNDIP ( ada anak SMP juga lho.. ) ..Humm menyenangkan sekali!! Yang penting aku bisa ketemu laut lagi..

Acaranya selama 3 hari tuh macem2..Jadi di hari pertama kumpul di GSG tembalang, berangkat pake bis selama 2 jam perjalanan, awalnya masih pada diem, tapi ya lama2 jadi kenal... sampe Jepara sayangnya udah gelap, gak bisa liat sunset di laut Jawa. Oiya, asrama mahasiswa (tempat nginep selama 3 hari) itu tepat di belakang laut Jawa, laut biru yang berombak tenang, pasir putih yg sepi... waaaaaaaaaa.. AMAZING! Duh jadi kayak belum pernah liat laut aja ya? Tapi beneran..lautnya emang (asli) indaaaaaahhh banget! Cuma ya itu, banyak karang yang rada tajem..
------------------------------------------------------------------------------------------------

Hari ke 2, ini yang paling ngebosenin, soalnya ada diskusi panel yang pake bahasa susah.. higs, rada ga masuk di otak... secara ini kan bukan bidangku.
Tapi masih sempet ngajuin 3 pertanyaan buat panelis koq. hehe.. Perjalanan dari kampus ke asrama butuh waktu 15 menit on foot! Ngelewatin padang yang luas terus ada"pup"nya sapi.. masih anget pula. Sampenya di asrama, udah ada ibu dari LPP yang mau mempraktekkan cara pengolahan propagul mangrove supaya bisa dijadikan bahan makanan.. Walo kecil tapi jangan salah, soalnya mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Tapi sayang waktunya ga cukup, untuk mengolah propagul sampe siap dikonsumsi butuh waktu 2-3 hari.. Lama kan? So, kemaren itu dikonsumsi sejadinya.. walo udah direbus pake abu gosok supaya paitnya ilang , rasanya masih tetep paitttt...
Malamnya cuma diskusi nonton film dokumenter tentang ekosistem mangrove, nah disini udah pada ngantuk. Api unggun yang udah disediain cuma diikutin sama segelintir orang aja, yang lain udah pada asik dikamar masing-masing. Aku sama Mbak Rida, Biologi Undip '04 malah ngobrol sampe jam 1 pagi .. hehe
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Hari ke-3.. Jam 5 pagi ternyata mati lampu. Masih pake mukena abis shalat, aku malah liat sunrise dari lantai 2 asrama. Abis mandi + sarapan, kita langsung ke tempat penanaman bibit mangrove, lumpurnya daleeeemmm banget, telapak kaki rasanya sakit kena batu karang di dasar tanah.. berkali-kali aku jatoh..sampe lumpurnya sepinggang. Hampir aja HPku basah..
Pas udah jalan jauh buat nanem bibit. Eh ada MUD-WAR!!! Ga ada tuh peserta yang terbebas dari serangan lumpur.. yang cakep jadi jelek, yang jelek tambah jelek.. hehe
Selanjutnya bebersih badan di laut.. Hiyaaaaa... aku ketemu laut biru.. senang sekaliii,,,, bisa renang di laut lagi, secara di Semarang mana ada laut sebersih dan sesepi itu??? lautnya dangkal.. Terus pulang ke asramanya jalan kaki menyusuri pasir putih,, tapi sayang sandal jepi item kesayanganku ga tau nasibnya gimana... Oiya.. aku juga bukan malah nyariin sandal jepit yang hilang, aku malah ngambilin kerang yang aneh2.. hohoho
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Semarang..i'm coming home.. Sedihnya pisah sama temen2 tapi udah tukeran no hape.. jadi bisa ketemu lagi deh.. insyaAllah. Abis naek angkot sama Adek dari depan GSG, turun di Jl. Gondang terus jalan kaki deh sampe rumah... Waaahh.. jalannya dah kyk nene'2.. soalnya kakiku perih abis.. T_T

Arghh... Semoga masih semangat ya? tetep cinta sama lingkungan... Masih ada tanggal 29-30 Juli buat jadi volunteer di Mangrove Restoration.

Ps : fotonya nyusul ya? Hummh.. pasti bagus bgt

1 komentar:

KeSEMaT 21 Juli 2008 08.12  

Makasih banyak dik Nida, aku dah baca pesan - kesan ikut MR kemarin.gimana nasib HPnya?yang pasti tidak rusak khan. Semoga menjadikan pengalamn yang seru buat kamu n tetap cinta pada lingkungan kita. Sampai ketemu di Mangrove Restoration 2008. Kalau tidak kita siapa lagi? kalau bukan dari sekarang kapan lagi? let's save our mangrove. NOW...!!!