Sharing Materi Liqo

--- Allah selalu memberi apa yang kita butuhkan, bukan kita inginkan ---

Waktu masih kuliah, saya suka ikut kajian pekanan. Kebetulan sedikit materinya masih saya simpan. Cuma karena saya pencatat yang buruk, catatan saya tidak banyak. Kadang, sedikit amburadul. Tapi nggak apa-apa ya? Semoga saja bermanfaat. amin. (^_^)

A. Marah

Hal yang manusiawi kalau kita marah. Marah diperbolehkan tapi harus mudah memaafkan. Ada 8 buah kedzaliman kalau kita marah.
  1. Hasut
  2. Mencaci maki saat cobaan datang mendera.
  3. Mendiamkan
  4. Melecehkan, berpaling, menjauhi
  5. Berkata dengan hal-hal yang tidak disukai
  6. Mengolok-olok
  7. Menyakiti fisik
  8. Menahan silaturahim, dst
Cara yang mudah menahan amarah : Allah selalu memaafkan kita, masa kita nggak memaafkan teman yang berbuat salah? Kuncinya adalah sabar dan ikhlas.

B. Penyebab Stress

Ada beberapa penyebab stress :
  1. Banyak keinginan tapi nggak terpenuhi
  2. Nggak bisa menerima kenyataan, nggak realistis
  3. Bersandar pada makhluk
  4. Orang yang mudah sebel dengan orang lain
  5. Suka mempersulit diri sendiri
  6. Orang yang pendengki
  7. Berkumpul dengan orang-orang stress
  8. Suka membicarakan orang lain, suka ber-su'udzon
Ada beberapa tips supaya nggak stress ala Aa' Gym :
  1. Siap menghadapi yang cocok dan nggak cocok dengan keinginan kita
  2. Ridho terhadap segala hal yang terjadi dengan kita. Bersyukur :-)
  3. Jangan mempersulit diri sendiri
  4. Evaluasi diri
  5. Berpikiran dan berperilaku positif
  6. Kalau nggak ada teman curhat, curhatlah sama Allah..
  7. Berteman dengan orang-orang yang shaleh.

6 komentar:

fatur 12 Mei 2010 pukul 01.21  

jadi inget masa-masa kuliah...dulu sering ikut kajian yang sekarang jadi model IESQ

nidafs 12 Mei 2010 pukul 01.59  

*Mas Fatur : He'eh ya mas.. Masa-masa kuliah mesti byk yg pada ikut kajian, habis itu bubar jalan..

adhi yuwana 12 Mei 2010 pukul 02.02  

tulisannya sangat memotivasi buat saya yang sedang merasa stress :)

makasih ya :)

nidafs 12 Mei 2010 pukul 03.10  

*Adhi : Alhamduliillah.. Sama2 ^^

CERMIN 16 November 2011 pukul 19.54  

jadi kangen dgn temen temen liqo di jogja, jazakillah ukhti, memacu giroh ane yang lagi futur...

nidafs 13 Desember 2011 pukul 23.47  

Hai Cermin :) Terima kasih udah mampir ke blog saya. Saya malah lupa pernah ngepost tulisan ini, karena sekarang udah nggak liqo lagi. Alhamdulillah kalo jadi tersemangati lagi ya?