Hari Pendidikan Nasional

Bacalah laskar pelangi.. mungkin itu cocok merepresentasikan sebagian wajah pendidikan di pedalaman Indonesia.. Pendidikan yang walaupun seadanya tapi mampu melahirkan generasi yang luar biasa. Cerita dalam Laskar Pelangi ( jika saya asumsikan terjadi sekitar tahun 70-an ) memang sudah berlalu puluhan tahun, tapi apakan yang puluhan tahun sudah berlalu harus berlangsung hingga kini?

Saya kira tidak seperti itu, kalau saja pemerintah tahu bagaimana semangatnya anak-anak di pedalaman untuk bersekolah.. Mereka jauhhhh lebih bersemangat ketimbang anak kota. Berbekal alat seadanya mereka rela menempuh jarak puluhan kilo hanya untuk duduk di bangku kelas dan merasakan indahnya aroma pendidikan.. YA itupun kalau pemerintah mau tahu.

Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia yang menghasilkan generasi tak mau berpendapat secara umum? Kita kalah untuk mengekspresikan diri, ya.. saat kita kecil kita "dipaksa" untuk menuruti apa kata guru, entah itu benar atau tidak..sehingga kita tidak bebas dan itu terbawa hingga dewasa. Kita menjadi pribadi yang pasif! Jujur, saya menyesal kenapa sejak saya di bangku sekolah dasar jiwa saya tidak bebas? Kini sayapun merasakan imbas yang luar biasa ketika duduk di perguruan tinggi, pikiran saya tidak bebas, tidak terangsang begitu melihat sedikit kesalahan di dunia luar.. begitu banyaknya hal yang saya sesali sekarang.

1 komentar:

amdan 5 Mei 2008 03.37  

semoga pemerintah memperhatikan orang-orang bawah. berilah pemimpin negeri ini hidayah-Mu ya Alloh,agar mereka bisa melihat senyum anak-anak beserta keluarga yang tidak mampu manakala mereka mendapat nikmat dari-Mu berupa rezki lebih yang Engkau amanahkan kepada pemerintah kemudian pemerintah memberikan seseuai dengan amanah yang mereka emban. amiin