Gadget Weaning

Weaning atau menyapih itu bukan cuma perkara ASI saja. Di masa sekarang, dimana balita udah terbiasa dengan gadget lumrah sekali ditemui, termasuk Aliyya, anak pertama saya.

Aliyya, 3 tahun, udah terbiasa dengan tablet sejak sebelum 1 tahun. Awalnya yang lagu-lagu anak, tutorial do’a sehari-hari berlanjut jadi Masha and the bear, egg surprises, playdough, sampai barbie dan putri sofia.

Gimana nggak kecanduan kalo setiap hari Abia juga kerjanya didepan laptop? Ini yang susah karena Abia emang kerjanya online dan kalo pas jadwal dirumah ya pasti sambil buka laptop sepanjang hari dan Aliyya pasti jadi gelisah, akhirnya ngebajak kerjaannya Abia.. Nyerah deh. Tablet pun berpindah tangan dan Aliyya anteng lagi.

Susahnya adalah kalo Abia udah mulai worktrip dan Aliyya jadi mulai apatis karena pegang tablet terus. Efeknya adalah apa2 tablet.. terus jadi rusuh deh karena rewel nggak mau pisah sama tabletnya.

Harus tega. Tabletnya saya sita.

Karena saya masih serumah sama orangtua jadi suka agak tarik ulur nih soal jam pegang tablet. Tapi sekarang setelah liat Aliyya jadi agak rusuh dan apatis karena pegang tabletnya kelamaan, mereka jadi setuju. No more tablet when you’re at home.

Awalnya reaksinya kayak waktu disapih menyusui. Banyak tangisan sama drama gitu. Tapi nggak lama kok, dibanyakin aktifitas motorik aja sama banyak diajak bicara biar lupa sama tabletnya. Sukses deh.

Semarang, 5 Juli 2015

0 komentar: