Teknik Periklanan :: Melelahkan

* Materi ini adalah materi tugas akhir semester 5 di DIII Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP.


Mobil boks adalah salah satu contoh yang dibuat oleh Fai, Art Director kita yang tugasnya mendesain iklan kita, baik komersil maupun public service announcement. Desain ini dibuat satu hari menjelang hari H, karena laptop Vaio milik Fai kebetulan sedang " menginap " di tempat service, serba dadakan memang, apalagi anggota kelompok lainnya juga ada yang sedang pulang ke Jakarta dan sisanya masih menikmati masa liburan akhir tahun, termasuk juga saya :-)

Iklan yang kita buat ini mengambil produk kacang atom gajah, kenapa? Karena dosen kita, Mbak Ita meminta iklan komersil haruslah asli Semarangan. Kacang atom gajah ini distribusinya mencakup Semarang dan sekitarnya, seperti Kendal juga Ungaran. Pabriknya berlokasi ditengah pemukiman penduduk di Jatingaleh, Semarang.

Memang produk ini asli Semarang, tapi banyak orang ( berdasarkan riset awal yang kita lakukan ) tidak banyak yang tahu bahwa ini produk lokal, karena packagingnya kurang menarik, hanya plastik transparan berlabel gajah berwarna biru. Namun, beberapa waktu lalu sudah diluncurkan dua kemasan baru yang berwarna biru dan kuning, yang tentu jauh lebih menarik.

Tahapan awal yang kita lakukan adalah riset, Yup! Ini harus based on research supaya hasil lebih valid dan bukan sekedar opini saja. Riset dilakukan kepada sepuluh orang mahasiswa sebagai Target Market ( TM ) dengan melakukan wawancara terbuka. Mencari aspek geografis dan demografisnya, kemudian dibentuklah personifikasi Target Audience ( TA ) agar TM tidak hanya menjadi objek yang mati. Dicarilah Consumer Journey si TA tadi untuk mendapatkan point of contact yang tepat.
Jangan sampai nggak dicari nih?
Kan gawat kalo kita mau beriklan tapi salah sasaran media komunikasinya?
Bisa - bisa kita buang - buang dana nggak jelas...

** Thanks to buku " Komunikasi Cinta "nya Mas Djito Kasilo yang udah helpful bgt.. Untung saya beli, kalo nggak iklannya berantakan :-)

** Thanks to Mbak Ita, Mas Adi ( dosen DKV Unika ), Mas Uje ( Komunikasi 2005 FISIP UNDIP )

** Thanks to kelompok 4 yang udah mau susah bareng ( termasuk di PR Campaign )

Luv U all



0 komentar: