Dukung Kampanye Kami


** Ini salah satu gambar dari kegiatan afirmasi kita terhadap mahasiswi FISIP

Campaign kita udah berlangsung selama dua minggu. Tidak berturut – turut memang, karena dalam tahap awal, kita hanya melakukan afirmasi ke mahasiswi – mahasiswi FISIP yang kita temui di lokasi seputaran FISIP. Afirmasi dimaksudkan untuk mengedukasi dan berkomunikasi secara langsung terhadap target sasaran kampanye kita ini. Beberapa diantara kita memberikan penjelasan mengenai lima dimensi menstruasi secara direct kepada target sasaran, serta menanyakan hal – hal apa saja yang sudah dan belum mereka lakukan dan memberikan penjelasan hal – hal yang sederhana namun berguna bagi kesehatan Miss V mereka saat masa menstruasi tiba. Namun, masih ada hal yang ditakutkan yaitu keengganan mahasiswi membicarakan hal seputar menstruasi karena masih dianggap sebagai hal yang sensitif untuk diperbincangkan, sehingga akan menghambat aksi kampanye kita.


Selama tiga minggu masa kampanye, hal – hal yang dilakukan adalah memasang poster dilokasi yang relevan dengan target audiens kita. Karena kampanye yang kita angkat adalah mengenai Memberikan Perhatian Ekstra Pada Miss V Saat Masa Menstruasi, maka sesuai dengan data yang ada, lokasinya antara lain kamar mandi, papan mading, papan pengumuman jurusan Komunikasi, dan depan papan Tata Usaha. Untuk lokasi pemasangan spanduk adalah depan ruangan bagian pengajaran FISIP. Lokasi tersebut dinilai strategis karena sering dilalui oleh mahasiswa FISIP. Setelah pemasangan poster dan spanduk, kita juga memasang mading yang berisi hal seputar menstruasi di samping mading BEM atau depan ruangan B.104.


Untuk eksekusi akhir, kita akan mengadakan talkshow pada hari Selasa, 23 Desember 2008 berlokasi didepan taman Dekanat yang dipandu oleh dr.Iwan. Sejak tahun 1998 sampai 2000-an, beliau merupakan volunteer di PILAR PKBI. Namun, sekarang memutuskan untuk independen dan aktif mengisi berbagai acara talkshow dan sebagai host acara Channel 23 di TVKU yang merupakan acara tanya jawab seputar permasalahan remaja. Setelah acara talkshow, bukan berarti kegiatan kampanye ini berakhir begitu saja, masih ada tahap akhir yaitu evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk menghitung berapa besar tingkat pengetahuan target audiens setelah dilakukannya kampanye. Karena kampanye kami mengusung tujuan peningkatan pengetahuan, maka kami akan mengukur selisih peningkatan sebelum dan setelah kampanye dilakukan, apakah sudah memenuhi target pencapaian awal atau belum?

Hasil akhir inilah yang nanti menentukan keberhasilan aktivitas kampanye kita berhasil atau tidak.

PR CAMPAIGN : Tugas Akhir


** Issu yang kami angkat mengandung 5 dimensi Menstruasi

Untuk issu yang kelompok kami angkat adalah bahasan mengenai hal yang sudah jamak bagi kaum wanita, dimana kamu wanita pasti mengalami siklus mestruasi setiap bulannya. Berangkat dari hasil riset yang kami lakukan kepada 30 responden yang terdiri atas mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UNDIP SEMARANG. Kami menyimpulkan bahwa fenomena yang terjadi adalah bahwa rata - rata mahasiswi sudah melakukan tindakan - tindakan sederhana untuk menjaga kebersihan Miss V selama masa menstruasi maupun masa pasca menstruasi. Namun, tingkat pengetahuan yang mereka miliki masih kurang, sehingga mereka kurang mengetahui manfaat dibalik tindakan preventif itu. Maka kami bertujuan ingin meningkatkan pengetahuan responden, mahasiswi FISIP pada khususnya, terhadap pentingnya memberi perhatian ekstra pada Miss V selama masa menstruasi.

Masa menstruasi memang memerlukan sedikit kecermatan dibandingkan hari biasa. Kenapa?

(1) Darah yang mengendap dalam pembalut mengandung banyak bakteri, area seputar vagina yang lembab sangat disukai oleh bakteri, sehingga mau tak mau wanita harus sesering mungkin mengganti pembalutnya selama masa menstruasi, dimungkinkan 4 jam sekali

(2) Pembalut terbuat dari bahan kertas recycle, sedangkan untuk merecycle kertas pasti dibutuhkan zat kimia yang bila terkena air akan menimbulkan reaksi tertentu, apabila zat ini masuk ke dalam vagina, efek jangka panjangnya adalah Kanker Serviks, itulah alasan kedua mengapa kita harus sesering mungkin mengganti pembalut.

(3) Bila Anda sedang berada di toilet umum, harap waspada! Jangan membasuh Miss V Anda dengan air yang tertampung didalam bak atau ember, optimalkanlah air dari keran. Karena air yang tertampung dalam bak atau ember mengandung lebih banyak bakteri ketimbang air yang mengalir.

(4) Selalu sedia handuk mini dalam tas Anda kemanapun Anda pergi, keringkan vagina Anda menggunakan handuk yang lembut, ini lebih baik dari pada menggunakan tissu, karena tissu terbuat dari bahan kertas juga.

(5) Celana dalam juga termasuk faktor yang penting, karena bersentuhan langsung dengan area kewanitaan kita, bila tidak sering diganti akan menimbulkan jamur dan mengakibatkan rasa gatal.

Gimana ngajarin anak kucingmu pup di toilet?

Kucing juga bisa diajarin supaya pup di kamar mandi lho. Mungkin ini kurang valid, tapi saya sama mamah mengamati tingkah laku kucing kami dirumah selama bertahun - tahun.
Kurang lebih gini caranya :

  1. Kucing, apalagi kalo masih asing sama lingkungannya, biasanya suka pup disembarang tempat. Jadi pertama harus dikenalin dulu sama sudut - sudut rumah.
  2. Kucing, tabiatnya suka muter - muter atau meong - meong kalo mau pup tapi ga tau tempatnya.
  3. Nah, kalo kucing dah kayak gitu, masukkin ke dalam kamar mandi terus tutup pintunya. Tunggu sampe kucing pup.
  4. Kalo udah selesai, gendong kucing, terus deketin hidungnya ke tempat dimana tadi dia pup ( ini karena hidung kucing itu sensitif banget.. )
  5. Lakukan ini secara berulang - ulang sampe si Kucing jadi terbiasa pup di kamar mandi.
  6. Eitss.. harus sabar yaa? Jangan sampe si Kucing dipukulin gara - gara kamunya ga sabaran.. ^ ^

Ps : Pup kucing harus segera dibersihin. Jangan dibiarin lebih dari 2 x 24 jam karena bakteri yang didalamnya bisa mengganggu kesehatan manusia disekitarnya. Tapi jangan salah paham ya? Ga semua kucing itu mengandung tokso. Kucing asal dijaga kehigienisan makanannya ( bukan makan bangkai atau sampah ), rutin dimandiin, rutin juga dikasi obat cacing khusus buat kucing ( bisa dibeli di dokter hewan dengan harga terjangkau... ) bisa meminimalisir kemungkinan negatif terjangkit tokso. ( hehe.. ini saya juga taunya gara - gara ngobrol sama bu dokter hewan Sayekti ^_^ )

GoodLuck yaa...

- Salam Pecinta Kucing *Domestic Short Hair* -

Maryamah Karpov :: Kurang Fokus

Dibanding 3 novel pendahulunya. Maryamah Karpov menurut saya adalah yang paling gak fokus ceritanya. Karena terlalu banyak deskripsi yang menghabiskan berhalaman kertas tapi isinya cenderung berbelit. Saya sampe lompat - lompat bacanya, karena ya itu tadi, Bosen!

Di cover tertulis bahwa ini Mimpi - Mimpi Lintang, tapi lintang koq cuma dapet porsi cerita sedikit ya? Cuma beberapa halaman aja yang memuat kisah kejeniusan, kesuksesan Lintang? Apa pula maksud dari judul Maryamah Karpovnya?

Apakah pembaca yang lain juga merasa kalo ada kesan Sahara bukan menikah dengan Akiong? Sedangkan di Laskar Pelangi diceritakan bahwa Sahara dan Akiong akhirnya menikah.

Saya membaca tetralogi karya Andrea dari sudut pandang yang objektif, maksudnya diluar masalah pribadi atau permasalahan fiktif atau tidak penokohan didalamnya. Karya Andrea bisa dibilang angin baru ditengah karya yang sedang beraliran homogen dan monoton. Disamping gaya bertutur yang menarik ( terutama untuk ketiga novel pendahulu ) karya Andrea juga inspiratif bagi banyak pembacanya.


HEY!!! DO SOMETHING!! FOR THEM









Argo pernah cerita dengan hebohnya.. Kalo petualang akhir malamnya ke Tinjomoyo berbuah rasa kaget. Awalnya saya nggak begitu percaya dengan cerita - cerita kalo dia dan kawan - kawannya menemukan orang utan di Tinjomoyo. Padahal Tinjomoyo itu adalah "mantan" kebun binatang yang sekarang udah direlokasi ke Mangkang. Jadi, apa maksud dari dua kera dan satu orang utan yang masih tertinggal ini??


Kenapa mereka ditinggalin?? Maksudnya pemkot itu gimana sih?? Koq mereka tega banget ninggalin hewan - hewan itu disana, tanpa makanan yang layak ????

SATU KATA : GA BERKEPERIMANUSIAAN!!

From : http://hidupku-penelitianku.blogspot.com/

Have to Answer

Apakah semua yang berjarak itu membuat hati gelisah?

Tolong dijawab ::

Boleh saja saya benci dia..

Tapi setelah saya berpikir agak lama dan mengamati perkembangan virus membenci di hati saya, saya bisa bilang bahwa saya tidak benar - benar bisa membenci orang 100%. Setelah beberapa kali mengalami hal yang sudah kelewat batas, saya sempat membenci mereka, tapi beberapa bulan berselang, kebencian saya mulai pudar. Saya memaafkan mereka atas hal yang mereka lakukan. Saya berharap Allah menyampaikan maaf saya melalui doa karena saya tidak bisa lagi bertatap muka dengan mereka atau dia yang telah menorehkan luka.

Bagi saya diantara sekian arti memaafkan adalah melupakan dan menghindar. Ya, boleh saja saya membenci kemudian berujung pada kata Maaf tapi saya tidak bisa lagi sedekat dulu dengan dia, atau cenderung menghindar. Saya tidak naif, saya berpaham jika memaafkan berarti juga melupakan. Tapi akan berbeda sudutnya jika berbeda pula objeknya. Saya menyediakan maaf yang tulus bagi kedua orangtua, atas apapun kesalahan selalu ada kata maaf atas kebaikan yang mereka baktikan pada saya. Jika ada konflik, saya segera merefleksikan ulang kebaikan - kebaikan apa saja yang telah mereka persembahkan bagi saya, beberapa detik kemudian saya sungguh menyesal pernah menghadirkan kemarahan di dalam hati, bahwa mereka berdua terlalu putih untuk saya nodai dengan titik kemarahan.

Semoga dalam perjalanannya nanti, saya bisa berproses menghapus yang buruk- buruk ini dan semoga saudara-saudara yang ada di FKMM Rohis FISIP Universitas Diponegoro juga memaafkan saya. Amien

Semarang lagi banyak galian!!!

Udah 3 hari saya ngga keluar rumah apalagi ke kampus, paling banter cuma ke daerah Tembalang. Waktu tadi pagi on the way mau ke tempat KP saya lewat jalan yang lain dari biasanya. O mai God! Galian dimana - mana?? Bikin jalan tambah sempit, cuma satu arah pula, ya kita yang pake motor ngalahlah sama mobil.
Kayaknya banyak juga warga Semarang yang komplain lewat surat pembaca, sms pembaca gitu.. Soalnya beneran ganggu banget deh! Mana Semarang sekarang lagi ngga jelas banget cuacanya. Panas sama Ujan ngga ada bedanya euy..
Pak Bibit Kumaha atuh????????

Satu atau lebih itu pilihan

* Maaf ya kawan..saya cuma hendak berbagi cerita saja..Kalo semua pria seperti ini, apa jadinya?
--
Kalo bagi mereka Satu itu cuma angka formalitas belaka, mengapa ada kata Dua - Tiga - Empat atau bahkan seterusnya? Itu menyakitkanmu, kawan.. Mereka membuat luka yang dalam dihatimu, bahkan sempat saya pun merasakan hal yang sama. Kalo saja mereka tau, luka yang sama akan mereka dapatkan pula entah kapan itu, akankah mereka juga merasakan sakit yang sama. Gunanya balas dendam? Tidak pernah terpikir dibenak apalagi tersirat.
--
Saya kira, mau satu atau lebih itu pilihan. Tapi apakah mereka yakin pilihan yang ganda itu tidak akan menyakiti hati seseorang? Tidakkah mereka berpegang pada satu keyakinan? Tidakkah mereka tau bahwa luka itu akan mengendap dalam jangka waktu yang lama? Menimbulkan efek yang kadang membuat kami, wanita seakan bersikap membalas?.. Karena kami bertindak dengan hati, bagaimana hendak mendahulukan logika, jika hati sudah sempat terluka.. luka mengambil alih semuanya.
--
Pikirkan. Jangan sampai apa yang kamu pilih kedepannya menyakiti satu hati.
* saat ada hati yang sedang luka karena Dia

Maryamah Karpov : Mimpi - Mimpi Lintang


Saya udah nungguin buku ini terbit dari Januari 2008, dimana saat itu saya "ngejar deadline" baca Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dalam waktu satu minggu, sampai nilai satu mata kuliah saya " Public Affair " jadi D.. hahaha. Dari pertama kali baca Laskar Pelangi, ada suatu yang beda, yang baru, dari mulai gaya penuturan yang lugas, tepat, kocak, tapi genius.

Nyesel ga dateng ke KickAndy Off Air Ufh!! Tapi ya sudahlah..belum rejeki aja buat liat livenya, gara-gara baca Suara Merdeka jadi tau kalo tanggal 28 November, Maryamah Karpov rilis. Jam 08.00 pagi, Ajeng sms, ngasih tau katanya ada Andrea Hirata di TVONE. Abis itu saya telepon ke Gramedia Pandanaran buat ngecek stok buku masih ada apa nggak. Alhamdulilah masih banyak, 1500 eksemplar dengan harga 79.000 rupiah!! Aduh..mahal amat ya?Ini sama seharga buku My Name is Red - Orhan Pamuk!! Tapi dasar Ajeng, dia udah minta dimasukkin waiting list kalo saya jadi beli Maryamah Karpov..hahaha..siap - siap ngantri.


Malemnya, Mas Candra sms, dia beli buku Maryamah Karpov via internet, eh tapi gak bisa dicancel, jadi itu buku ditawarin ke saya seharga 65.000 rupiah!1 ini mah pucuk dicinta mas Candra pun tiba.. hahaha :D Alhamdulilahnya saya belum sempet beli, gara - gara sakit jadi belum bisa ke toko buku.


Kucing yang Aneh

Dirumah ada kucing anak beranak, Si Can-can sama Adul namanya, dua - duanya betina. Dan sama - sama suka beranak. Si Adul ini masih kecil sih, badannya masih imut gitu tapi udah 2 kali beranak, dan anaknya mati semua coba?? Kenapa? Karena dimakan kucing garong. Jadi dirumah aya melihara sekitar 8 kucing, termasuk kucing liar yang suka lewat juga dikasih makan, tapi si Kucing garong ini mungkin iri kali ya? Dia suka nge-berantemin kucing - kucing saya sampe berdarah-darah atau malah jadi bolong gitu lukanya! Sadis! Mungkin gara2 tu kucing garong giginya nggak higienis, banyak kuman kali yaa??
--
Anak - anaknya si Adul abis.. Ga bersisa! Masih kecil gitu sampe berdarah, pokoknya ngeri! Waktu itu aku sampe nangis gara2 ngga tega. Pengen deh mukul tu Garong pake kayu. Udah sadis, sukanya ngajak berantem kucing-kucing dirumah.
Yang terakhir dan tersadis, ada salah satu anaknya si Semok ( anaknya Can-can juga atau kakak tirinya Adul ) cuma sisa muka doang ( liat di blognya Faisal ) yang liat tuh mamah.. udah liat langsung ngejerit...
--
Tapi Adul ini sayang bgt sama anaknya, dia selalu muter - muter sambil ngigit anaknya buat pindah - pindah tempat, mungkin mau nyari tempat yang aman kali ya? Tapi kita yang liatnya tuh ikutan riweuh.. berisik banget.
--
Hufh..sekarang saya sama mamah lagi berburu tuh kucing garong!

Jatuh Bangun Jatuh Bangun.. begitu seterusnya

Setidaknya itu yang dapat saya tangkap dari Tetralogi Laskar Pelangi ( minus Maryamah Karpov ). Buku pemberian seseorang yang halaman pertamanya sudah saya sobek berkali kali menginspirasi, terutama disaat sedang down. Entahlah, mungkin pemberitaan miring seputar Andrea dengan mantan istrinya tidak mengusik saya, saya tidak ber-suudzon dengan beliau, karena diluaran sana banyak sekali individu maupun komunitas yang tertular virus Laskar Pelangi, sehingga tercerahkan hidupnya. Tidak sedikit yang menemukan kembali hidupnya karena Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor. Termasuk saya.
--
Book is the most important thing that i've.
Kenapa buku?kenapa bukan Fashion, mode, majalah terkini yang saya beli?
Entahlah, mungkin saya konservatif. Dibanding dengan kawan lainnya, saya lebih memilih merajut, menjahit, menyulam atau diam dirumah dan bersih2 ketimbang harus jalan-jalan. Entahlah, saya juga bingung. Tapi semakin kesini saya sadar, inilah saya, konservatif.
--
Pilihan saya saat saya jatuh?
Diam
Menangis
Shalat
Membaca ulang buku-buku Asma Nadia atau Andrea Hirata
Tidur ( Off-kan hape dulu )
Menulis puisi
Bercerita
Saya sedang down..
--
Entahlah

I was thought of you, yesterday


Beliau memang tidak mengenal saya, karena saya mungkin satu diantara beribu orang yang mengaguminya. Saya tidak pernah jumpa dengannya, saya hanya menikmati pengalaman hidup yang ia tuliskan lewat buku - buku best sellernya. Asmarani "Asma Nadia" Rosalba. Saya banyak belajar bagaimana cara memaafkan, cara mensikapi perbedaan dalam jamaah, cara survive, cara tersenyum dalam kesusahan, hingga cara jadi anak, istri ,muslimah juga ibu yang baik. Padahal saya dulu asing dengan buku - buku beliau. Maklum waktu itu saya cuma mau baca yang asik - asik saja. Agama masih jauh api dari panggang. Ga kepikiran tuh!

* " Apaan sih,, ga asik kali baca buku beginian, mending juga baca Gadis! "

Tapi setelah dibaca saya jadi ketagihan, dan buku yang beliau tulis menjadi salah satu faktor pemicu saja mengenakan jilbab di tahun 2004. Bukankah hidayah itu harus dicari dan tidak akan datang sendiri? Nah, buku beliau jadi favorit saya sampai sekarang, satu bulan sekali saya sisihkan waktu untuk hunting buku beliau ke Gramedia :-)

Asma Nadia dan kakaknya, Helvy Tiana Rosa telah banyak "membantu" saya, saya rawat betul buku karya mereka yang saya beli supaya saya masih bisa membacanya saat saya senja.. Walaupun bukunya tipis, tapi ada semangat yang tebalnya berhalaman-halaman disana. Nggak lekang dimakan jaman, selalu saja menebar inspirasi bagaimana berbuat yang terbaik.
Sekali lagi saya berterimakasih, mungkin kalimat ini tidak sampai kepada beliau berdua langsung, biarlah Allah saja yang menyampaikan kepada mereka melalui doa saya.
--
* PS : Special thanks to Kurnia Putri Edijayanti,temen SMP saya yang udah minjemin " Serenade Biru Dinda " tahun 2002 silam.




Saya dan Kawan


Kamu percaya ngga kalo sahabat sejati itu emang ada? Saya kok agak ngga percaya ya? Bukannya saya ngerasa ngga punya temen. Temen saya banyak, tapi saya rasa saya “belum” punya sahabat sejati. Saya berkawan dengan siapa saja tapi tidak banyak yang bisa saya percayai banyak tentang cerita – cerita saya, ada satu waktu dimana saya jadi selektif bahwa sahabat saya nantinya akan membantu saya kearah yang lebih baik, dimana saya bisa bebas bercerita dengannya sampai ke hal terkecil tanpa harus malu. Sejak saya SMP saya terbiasa sendiri, tidak ada teman istimewa yang dia harus selalu ada didekat saya. Hal itupun terjadi sampai saya SMA, saya tidak punya teman smsan khusus, les sendiri, jalan sendiri.. ya waktu itu sih ada mantan yang bersedia mengantar saya, secara waktu itu saya belum punya SIM. Entahlah, saya kadang nyaman dengan kondisi seperti ini, tapi ada saatnya juga saya ngerasa begitu sendirian.. sepi juga ngga ada yang bisa diajak berbagi kegilaan.. ^_^ Ya sekarang, setelah saya kuliah dua tahun, dan sedang ada di akhir perkuliahan, saya menemukannya. Saya sih ngerasa cocok aja diantara persamaan dan beberapa perbedaan, kadang juga masih sebel – sebelan, namun ada saat saya bisa mempercayakan banyak cerita saya sama kawan akrab saya itu.. Saya mencari sahabat bukan untuk jangka pendek, ada nilai invenstasi positif disana, akhirat. Saling mengingatkan tentang kebaikan, kalo lagi lupa shalat misalnya. Atau tilawah Qurannya kurang.. Bukan sekedar buat have fun aja  Jadi serem kalo baca di Al-Quran ( Surat apa ayat berapa saya lupa.. ) intinya nanti itu persahabatan ngga akan berguna, karena semuanya saling berbantah – bantahan.. Saya masih mencari – cari sahabat lagi, supaya masa sendirian itu kini tak ada lagi. Sehingga saya ngga lagi kesepian, karena ada sahabat – sahabat saya yang selalu ada untuk kebaikan.
*Untuk sahabat saya. Semarang 7 November 2008

Tanuwinata Family in my opinion


Basecampnya ada di Jl. RE Martadinata, Cipedes, Tasikmalaya ^_^ Tapi membernya nyebar dari Lampung sampe Surabaya..hehe kayak apa aja. Sebenernya saya juga rada pusing ngapalin satu-satu sodara saya, abisnya banyak banget. Yang dari nenek yang dari kakek. Tapi seneng kalo pas lagi Lebaran, kita kompak banget :-) Seneng satu ditanggung bersama, sedih juga ga ditanggung sendirian ^_^ ada aja yang dibahas bareng-bareng. Dan selalu aja ada makanan yang enak-enak tiap kali kita ngariung di Tasik, kayak Baso, BurYam, Cilok, Tutug Uyah ( hahaha,,, ), pokona mah aya we makanan dimeja. Tapi di Tasik cuma tinggal beberapa orang, sisanya nyebar di beberapa kota. Yang muda ada yang kuliah di Unsoed, Polban, Undip, sisanya udah kerja. Alhamdulilah teknologi udah makin canggih, jadi lebih mudah buat kontak sama sodara-sodara yang lain. Sekarang cuma tinggal Nenek yang masih ada, usia beliau mungkin lebih dari 77 tahun, tapi masih suka bikin saya nangis kalo inget wejangan beliau. Soalnya Kakek udah ngga ada, meninggal tahun 2004 lalu.Rumah Nenek masih asli, dindingnya pake anyaman bambu, lantainya masih plester semen, ada balong ( Kolam Ikan - Sunda ) dan beberapa petak tanah yang dijadiin kebun. Disamping kanan rumah ada beberapa pohon rambutan, sawo sama pisang. Rumah nenek ini sering kita jadiin jadi lokasi pemotretan lho..haha..Bergaya pake caping sawah terus wardrobenya baju-baju kebaya jadulnya Nenek :P gayanya desa bangeettt deh .. hahaha

*Saya lahir di kota ini, tapi kemudian saya pindah ke Bandung, seterusnya saya hidup di Semarang. Kalo dibilang pengen pindah ke Sunda lagi mah pengen juga, tapi saya udah terlanjur betah hidup di Semarang. Temen-temen saya, guru-guru saya, cerita sedih, seneng, mantan saya ada di sini semua. Disini juga saya ketemu sama mas rofik ^_^. Kalo ditawarin pindah, mikir 33333333 kali dulu deh. Saya ga peduli tentang stigma etnis sunda di masyarakat. Satu cerita bukan berarti semuanya disamaratain kan? tergantung pribadi masing - masing..

*Udah lama di Semarang tapi saya masih suka kangen sama suasana Tasik ma Bandung. Disana saya bisa jadi diri saya sendiri ^_^ Huuuaaaaa.. jadi kangen beneran deh ..

Sabar ah.

Deadline :: Maju atau Mundur ya?


Hufghh... udah dibela-belain deg-degan semaleman gara2 saya "males" belajar mata kuliah Kapita Selekta terus meng-edit proposal kuliah praktek terus bikin proposal teknik periklanan yang desas-desusnya bakal dikumpulin besok ( - Hari ini maksudnya ).. Saya bener2 deg2an banget! Mana ngga bisa tidur, bangunnya kesiangan..halah lengkaplah sudah :P
*
Ada jarkom sms dari Nila, hari ini kumpul dikampus jam 8.30 tapi sampe sana ngga ada orang, cuma baru Fida aja yang dateng. Pagi tadi tuh rencananya mau nyelesein draft proposal iklan yang belum kelar sama ngelanjutin bikin storyboard. Baru selese jam 11.35 eh jam 12.00nya udah UTS Kapita Selekta.. Alhamdulilah bisa deh mengerjakan dengan lancar..hehe ( Nani, makasih ya pinjeman catetannya :-).. )
*
Huaaaaaaa..Mbak Ita, ddosen Teknik Periklananku bilang ternyata proposal iklan+storyboard dikumpulin seminggu lagi?Duh..mana Mbak Ita ngasih tugas buat nyari Target Audience, Target Market, Personifikasi Target Audience, Consumer Journey + Point Of Contact dari penjual kue Carabikang... Ini nyari dimanaaaaa cobaaa...????? Hari Weekday gini mana ada yang jualan. Kalo Ahad mah gampang, di Simpang Lima juga ada.. Kata Nani sih ada yang jualan di daerah Kaliwungu sama pasar Bulu. Hufh. Dicobain survey kesana kira-kira ada waktu ngga ya? Secara besok saya lagi FREE ( Asikk..kesempatan langka nih ^ ^ ) maunya saya dirumah aja gitu. Baca buku atau nonton DVD kesukaan saya.. Kemaren Sabtu sama Fida udah survey beberapa properti tugas PR.Campaign ke Pasar Johar, eh buntutnya gara-gara stress kita malah foto-foto di daerah kota lama, Semarang sambil minum es tebu berduaan..hahaha ( itu foto disalah satu sudut kota lama ^ ^ )
*
Beginilah hari saya sampe menjelang jam 3 sore. Unpredictable tapi menyenangkan. Ya balik lagi sih. Dinikmati dan disyukuri ^_^
*
Semoga besok jadi lebih baik
*
Oiyaaaaaaa.. lupa besok ada Liqo jam 2 siang di wisma Annida :-)

Jejak Kata

roemahpuisi.blogspot.com

saya menuliskan dan memindahkan puisi - puisi saya kesana :-)

Ucapan Terimakasih itu luar biasa

Sulitkah mengucapkan kata itu?
Lidah rasanya kaku?
Atau badan kita melangkah dulu sebelum kita sempat mengucapkannya?
Membiasakan mengucapkannya bisa jadi membuat kita termasuk sebagai kelompok yang disediakan ruangan istimewa.. Mudah bukan?
( Thiibul Kalaam ) perkataan baik bisa menolong kita, membuat hati tidak beku, dan mengalahkan ego. Kenapa mengalahkan ego? karena dengan kita berterimakasih, artinya kita mau mengakui kebaikan atau kelebihan yang orang lain lakukan pada kita, tidak peduli pada usia, strata sosial, suku atau agama.
Satu pelajaran bisa saya ambil Ahad ini. Bahwa saya tidak perlu malu untuk sekedar mengucapkan kata TERIMA KASIH dan MAAF. Saya beruntung bisa bertemu Ibu pemulung yang baik ^ ^ dan telah mengajarkan pada saya yang mendengar ucapannya. Sekali lagi juga Thanks to ALLAH yang telah memberikan saya contoh dari hal-hal kecil.

Akhirnya....Hujan juga ^ ^

Pagi-pagi udah disambut hujan..Alhamdulilah.soalnya saya suka hujan-hujanan..hehe masa itu udah lama lewat.. Tapi bahayanya kalo hujan bin mendung gitu sayanya juga suka kebawa males,hawanya pengen tutupan pake selimut aja sambil ditemenin si Sena atau si Ableh, kucing jantanku yang gagah itu ^ ^ Apalagi kalo udah ada jarkom : Jam....udah kumpul dikampus.. Males sih? Tapi ya mau gimana lagi, resiko kuliah.

----
Hujan. Hari ini juga hujan lho? Yup, Semarang mendung di pagi hari sampe malem.. Asiiikk.. Tiap hari biasanya panas, sekali-sekali boleh lah ngerasain hawa adem gini :-)

----
Hujan.Saya jadi inget dia kalo hujan (^_^) Hehe..boleh ya diinget sebentar aja.
Ps : Ati2 ya mas di batavia?

Secangkir Kopi

Dia tahu saya menyukai aroma kopi yang saya sesap tiap pagi.
Secangkir kopi
Bahwa aromanya menggoda
Membuat saya tergoda untuk tersenyum.
---
Seperti Dia, mengajak menyusuri pagi batas mimpi
Seperti Dia, menjejak hati mengajak memberi pada hari
Seperti Dia, menyelusup pada relung bahwa akan ada cinta untuk semua

Nanti dia yang akan membuatkan kopi untuk saya setiap pagi.
Bukan lagi aromanya menggoda
..

Saya menikmati setiap detik yang terlewati,
memutar sendok, menghitungnya seperti saya menghitung kepulangannya
30 putaran, lalu mengangkatnya..
Membaui aroma kopi yang menembus lipatan otak..
---
Saya mengingatnya.
Dan akan menunggunya.

Menyulam :: Tak sesulit itu

11.12
Ayolah, jangan terus merengek manja
Meminta supaya kau mau menemaniku minum teh di beranda rumah
Angin senja tak bagus untuk punggung ringkihmu
Membuatmu terbatuk dan aku khawatir

---
11.13
Tapi aku ingin menyesap teh buatan tanganmu,
Kadang kau menaburkan bunga melati
Kau menyeduh sambil bercerita
Cinta panjangmu bertemu denganku
Sambil sesekali kau melirik dan menebar senyum buatku diam..

---
11.14
Cepatlah masuk..
Sebelum angin membuatmu tak bisa tidur semalaman.
dan seperti biasa membuatku harus bercerita semalam suntuk.
Menunggumu tertidur.

---
11.15
Sekali saja.
Ayo temani aku duduk di beranda
Kupakai jaket rajutan hadiah darimu tahun lalu
Lalu duduklah disamping, jangan dihadapanku..
Ceritakan dari awal.
Kudengarkan..

---
Aku hendak menyulam.. satu satu
yang telah berguguran.
merangkainya.
Agar kau bisa memakainya suatu hari
Jika.
Tak kau temukan aku suatu sore di beranda kita.


i put my love on earth

Saya cinta bumi tapi bumi terlalu luas untuk saya jaga. Saya hanya dapat menjaganya dari apa yang terdekat saja. Dibelahan bumi sana juga banyak individu maupun komunitas yang concern dengan keadaan bumi yang seakan sudah tua. Kadang saya juga lelah, sekitar saya tidak punya pemikiran yang sama. Tapi ada kawan yang punya pemahaman sama dan selalu menyemangati. Saya rasa dengan menjaga bumi, dengan cinta, kita bisa melewati batas waktu. Walaupun kita sudah tidak lagi hidup, biarkan anak cucu yang akan menikmati hasilnya. Yagh.. mungkin ini terlalu muluk.. tapi seperti yang Om John Lennon bilang " You may say I'm a dreamer, but I'm not the only one. I hope someday you join us.. "
-----
Mimpi saya : Melewati batas waktu dengan menjaga bumi.

Jejaring Kata

Tidurku tak lagi nyenyak
Dan aku lebih banyak terjaga
Semuanya terdengar.. Nyaring
Suara jangkrik, detik jam, deru kipas angin, atau lenguhan panjang si Manis..
--
Aku memincingkan mata,
sambil menghitung rangka kayu
sambil menghitung kata..
Sibuk merapal doa.
--
Tuhan, pejamkan mata
Sebentar lagi ayam akan bersahutan
Muadzin akan mengumandangkan adzan
.. Berdiri, memandang kaca, lihat! Mataku memerah.. Aku lelah
--
Tuhan, aku mengeluh
Yang tertinggal adalah kesah
Diluar sesekali gemuruh,
nampaknya hujan menanti perintah Tuhan,
untuk mendinginkan bumi yang kerontang
--
Kemudian,
melegakan..
--
*Aku hendak mencapai mimpi kemudian tak bangun lagi

Puisi untuk dia dan Dia

Kadang harus berseteru dengan hati,
Ada dua yang harus dipilih.
Meraihnya
atau
Meraih-Nya
atau meraih keduanya.

( cuplikan buku Bulan Tak Purnama )

Tiba2 saya pengen nulis..

Karena sedikit banyak saya sedang kesal.. Bukan marah ya,,digarisbawahi! Bagaimana dia harus bersikap atas masalah yang dia hadapi. Jika rasa itu terlalu berat dia tanggung, tidak seharusnya dia menangis lalu mengumpat kata kasar. Masalahnya pernah saya alami,dulu dan sekarang saya bisa tersenyum lebar jika kadang saya mengingatnya. Ya, saya pernah mengalaminya dan itu proses pendewasaan. Sepertinya, saya melewatinya seorang diri, mengafirmasi dan terus menahan supaya saya tidak menangis karena seorang manusia yang fitrahnya ingkar dan menyakiti hati. Berusaha tidak sedih dan menyibukkan diri dengan kegiatan ROHIS fakultas. Nah, inilah yang penting! Lingkungan! Bagaimana lingkungan yang baik juga akan mempengaruhi hati kita! Saya bersyukur disini dipertemukan dengan lingkungan yang kondusif ditengah kesakitan saya saat itu. Disaat saya belum "matang" dan dipaksa untuk menerima hidup, saya bertemu mereka, pertemuan yang Allah atur ini sangatlah berkesan bagi saya. Saya bisa memanfaatkan waktu akhir pekan saya untuk mengkaji ilmu Islam dan mengaji. Kesakitan yang bermanfaat.
-------------
Saya tidak menyalahkan dia. Namun, akan lebih baik jika masalah ini tidak dipandang dari satu sudut kesakitan dia saja. Memang, bicara itu mudah. Tapi pikir ulanglah apa yang saya ucapkan tadi. Kesakitan ini akan berlalu dan mengajarimu bagaimana harus bersikap! Termasuk juga bagaimana memperlakukan seorang kawan. Saya berdoa semoga kamu mengerti bagaimana harus menyikapi ini semua dan menjadi pribadi dewasa yang mampu memanfaatkan kesakitan menjadi sebuah proses perbaikan diri.
-------------
Saya akan membantumu melewati ini semua.
dan
Saya menyayangimu sebagai seorang kawan, seorang saudara di dunia - akhirat

Wanna drink Coffee??

Saya suka sekali minum kopi. Sehari bisa 5 kali saya minum. Bisa itu kopi instan, atau sengaja nyanggong ke Warung Aceh untuk minum 2 cangkir kopi Aceh. Tapi sejak saya sakit dan keluar ultimatum dokter kalau tidak mau dioperasi, mau tak mau saya pun harus membiasakan diri NO COFFEE ANYMORE.
---------
Kandungan Kafein dalam Makanan/Minuman

Satu cangkir kopi rata2 mengandung 100-150 miligram kafein.
Satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) single-espresso rata2 mengandung 80-120 miligram kafein.
Satu cangkir teh rata2 mengandung 40 miligram kafein.
Satu batang coklat ukuran sedang rata2 mengandung 20-60 miligram kafein.
Satu botol minuman kola berukuran 340ml mengandung 40-60 miligram kafein, atau kira2 separuh kandungan kafein dalam secangkir kopi/espresso
-------
Efek Jangka Pendek
Dalam “The Pharmacological Basis of Therapeutics” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa:a/ Efek positif dari kafein antara lain: menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan, peningkatan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil.Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah2 cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih “segar”.b/ Efek negatif kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain: kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut, dan diare. Kafein dalam jumlah yang lebih besar (yang dikandung oleh -misal- 10 cangkir kopi yang diminum berturut2) akan bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram, atau kira2 100 cangkir kopi yang diminum berturut2. Jadi jangan coba2 bunuh diri dengan cara ini, karena kemungkinan besar di cangkir ke 75 perut anda sudah kembung dan tidak kuat minum lagi. Hehe..
-------
Efek Jangka Panjang
Para peneliti sejak lebih dari 20 tahun lalu sudah berusaha menghubungkan kopi atau kafein yang terkandung di dalamnya dengan berbagai macam penyakit, tapi sampai sekarang tidak mendapatkan bukti yang meyakinkan. Tahun 70-an di Amerika Serikat pernah dipublikasikan bahwa meminum 12-24 gelas kopi sehari dapat menyebabkan gangguan kehamilan.. pada tikus Tubuh manusia mungkin mempunyai metabolisme yang berbeda untuk mengolah kafein kan? Yang perlu diperhatikan, meski anda sedang hamil atau tidak, adalah konsumsi yang wajar.
-------
Jumlah Konsumsi yang Wajar
Jadi dalam jumlah yang wajar kafein dapat membantu pikiran, pekerjaan, dan pergaulan, tapi akan berubah menjadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah yang tepat berbeda untuk tiap orang. Yang bisa dijadikan pedoman adalah bahwa sampai saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan efek2 negatif kafein terjadi bila dikonsumsi dengan dosis di bawah 300 miligram sehari. Bila 1 demitasse single-espresso mengandung sekitar 100 miligram kafein, berarti kita bisa minum sampai dengan 3 cangkir espresso sehari dengan aman tanpa terpengaruh efek negatif dari kafein; dengan asumsi anda tidak minum terlalu banyak minuman kola, makan coklat, atau minum obat sakit kepala di hari yang sama.Namun seperti saya sebutkan di atas, efek kafein pada tiap orang berbeda2. Ada orang yang biasa minum sampai 5 cangkir espresso dalam sehari dan tidak merasakan efek negatifnya.
-------
Addicted by Coffee Effect :
(republikbm.blogspot.com)
Ciri umum ketergantungan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari saja tidak minum kopi. Yang wajar adalah mengonsumsi kopi sebanyak 85 - 200 mg atau 1 - 3 cangkir kopi. Namun, minum kopi di atas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi kandung kencing cepat penuh.Minum kopi terlalu banyak bisa pula mengurangi kesuburan wanita, apalagi kalau dikombinasikan dengan alkohol. Bagi wanita usia menopause, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menambah risiko kekeroposan tulang (osteoporosis).Pada dosis sedang, kafein menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Jadi para penderita kelemahan lambung hendaknya menghindari konsumsi kopi.Cara pengolahan dan penyeduan kopi pun memberi andil terhadap dampak yang ditimbulkannya. Bentuk pengolahan dan penyeduhan kopi tubruk misalnya. Kopi tubruk pada umumnya lebih keras karena bubuk kopi dalam cangkir atau gelas langsung diseduh air mendidih. Lagipula kopi tubruk pada umumnya menggunakan kopi lebih kasar, dipadu dengan gula batu. Dengan sendirinya akan lebih banyak ampas bubuk kopi yang masuk ke tubuh kita dibandingkan dengan kopi yang diseduh dalam teko. Maka dapat dipahami bila efek sampingan kopi tubruk lebih tinggi dibandingkan dengan secangkir kopi yang sudah "tersaring" ampas kopinya.
--------
* Itu baru sebagian kecil efek negatif long and short term minum kopi. Saya pun hanya bisa mengurangi sedikkiiiit... Karena kopi adalah "Kawan Akrab" keluarga saya dirumah.
Jadi tak usah heran, kalau Anda berkunjung, maka di hadapan Anda akan tersaji 1 cangkir kopi, Mau nambah?

Adakah yang lebih indah?

Dari kenikmatan iman islam?
Dari kesejukan berpuasa ditengah terik matahari?
Dari sujud panjang dikeheningan malam?
Dari 5 waktu yang diwajibkan?
Dari zakat, sodaqoh yang kita sisihkan?
Dari amalan yang insyaAllah meringankan kita kelak?
Dari doa-doa yang kita panjatkan?
Dari iman yang kita yakini kebenarannya?
Dari lantunan Al-Quran yang kita baca?
Dari sirah nabi, para shahabat yang menyemangati kita?
Dari pertolongan Allah yang tak terduga?
Dari jawaban doa kita?
Dari semua kenikmatan yang Allah limpahkan?
Dari janji Allah di hari akhir?
Dari dzikir yang terlantun setiap saat?
Dari semua yang ada dimasa lalu, saat ini dan insyaAllah yang akan datang..

--------

Bermuara pada satu dzat, Allah :-)
Yang kami yakini bahwa janji Allah adalah pasti.

--------

Tasikmalaya, 30 Ramadhan 1428 H / 30 September 2008

Semarang - Tasikmalaya - Bandung

Assalamualaikum
---------------
Berangkat jam 09.30 pagi dari Semarang. Mampir ke Magelang terus shalat dhuhur di sebuah masjid di Purworejo ( kotanya masku :-).... ) Aku sempet ketiduran ( halah ini mah bener2 tidur... ) bangun2 udah di Majenang, mampir bentar ke rumah temennya Dek Ichal ( My Little Brother ) terus nggak begitu jauh berhenti buat buka puasa, berhubung udah masuk perbatasan Jawa Tengah - Jawa Barat makanannya pun serba asin.. Ya ayam bakar, ya sambel dadak, ya tempenya asin semua.. Makanan sunda emang TOP BGT!! ALhamdulilah akhirnya lewat juga gerbang perbatasan, sekarang mah udah terang bgt, dulu teh meuni gelaappp...
----------------
Tasik, i'm coming. Udah ada didepan rumahnya Ene'. Udah ada didepan rumahnya Uwa' Tuti. Udah banyak yang ngumpul. Abis salaman, diajak ngobrol ( ada yg nanya2 tentang masku,,ada yg nanya kapan married,,ada yg nanya kapan lulus.. hahaha ) Terus Uwa Euis bilang ada cilok dimeja makan..yang satu ini adalah makanan yg dibikin uwa euis khusus buat kita kalo lagi pulang kampung.. MAKNYUSS bgt.. ngga ada yg jual nih..
----------------
Let's go to sleep.. but i was sent many sms to my soul before.. i miss him here..want to say something..but he didn't allow me until the right time :-(
----------------
Besok udah Lebaran -Semoga Allah masih memberikan kesempatan buat kita semua yang mencintaNYA untuk berjumpa kembali tahun depan- Rasanya ada yang ilang..Sedih ditinggal bulan Ramadhan :-(
Hufhh.. Buat semuanya aja, afwan jiddan kalo aku sempat menorehkan luka dihatimu. Minal Aidzin Wal Faidzin yaa.. Ahlan Wa Sahlan yaa Syawal :-)

Antara Teknik Periklanan VS PR Campaign

2 mata kuliah itu ibarat nyawanya semester 5 ini. Ya abis di tenaga, abis di dana, abis di waktu. Kalau dipikirin malah kayak benang ruwet, bingung mana dulu yang harus dipilih buat dibenerin. Teknik Periklanan kali ini adalah mengiklankan produk asli Semarang..beuuhh banyak pisan terus nama merknya aneh-aneh..hahaha. Dosen matakuliah ini Mbak Ita sama ada juga dosen tamu asal DKV ITB nu kasep eta.. Mata kuliah ini praktikum semua, dibagi jadi beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan 10 anak. Alhamdulilah kita sekelompok udah sering kerja bareng, jadi nggak terlalu susah buat nyatuin konsep lagi. Disini saya kebagian jatah jadi STRATEGIC PLANNER yang tugasnya riset khalayak produk.
--------------
Matakuliah yang horror lagi adalah Public Relations Campaign (PRC). Kelompok kita diberi nama "SPIRIT" yang ngangkat tema " Kesehatan Organ Reproduksi ". Dosennya ada 3. Mbak Tyas, Mas Agus sama dosen tamu, Mbak Dessy. Sama-sama praktikum yang nantinya hasil karya kita bakal ditonton anak se FISIP. Mungkin karena itu banyak yang bilang kalau anak PR itu enak, kerjaannya nyata, suka desain yg kreatif.. PRC ini nggak jauh beda sama TekPer, bedanya disini kita harus meng-campaignkan issu sosial, produk atau yang lain. Yang samanya juga adalah spent much time and much money T_T. Kelompok PRC ini adalah orang yang sama dengan kelompok TekPer, cuma ada 2 tambahan personel, Mas Bams sama Atika.
Kerja keras itu mutlak, adu pendapat mempertahankan ide itu wajar, nah nyatuinnya itu yang susah karena kadang idenya masuk akal semua. Tujuan akhir dari kegiatan kita ini adalah mengedukasi, mempersuasi khalayak.
---------------
Ya apapun itu, bagaimana caranya bisa sampai ke tujuan akhir harus kita jalanin sama-sama. Kita semua punya satu misi yang sama " Cepet LULUS ". InsyaAllah tahun 2009. Amien

Ada yang salah dengan jilbab (ku) ?

Ada satu pertanyaan yang belum usai diajukan namun saya yakin akan jawaban yang akan saya lontarkan..10000% jaminannya adalah janji Allah. Begini " Jika pekerjaan kamu nanti menuntut kamu harus lepas jilbab atau kamu harus memperbaiki penampilan kamu, apa yang akan kamu lakukan? ". Saya menjawab dengan jelas " Tidak masalah jika saya tidak diterima, ini bukan masalah yang besar, berarti ini bukan milik saya, insyaallah masih ada kesempatan lain buat saya, yang tidak hanya melihat saya dari luar tapi dari kapabilitas saya yang sebenarnya.. "
---------------------
Tidak tahukah mereka beratnya memutuskan menggunakan jilbab? Memakainya berarti mengubah hidup dan cara pandangmu? Memakainya berarti akan ada kesenangan duniawi yang akan kau tinggalkan? Tidak bisa lagi semaumu, karena yang Maha sudah mengatur jalan hidupmu agar lebih terjaga.. Memang tidak semua yang sudah berjilbab mempunyai pandangan yang sama, masing-masing mempunyai point of view yang dianutnya, akan tetapi pendapat sendiri tidak harus selalu dibenarkan.. Pemahaman akan jilbab adalah pakaian longgar yang menutup seluruh aurat, sedangkan kerudung adalah penutup kepala. Pada awal mula saya berjilbab, saya hanya memiliki 1 potong kemeja dan 1 potong celana jeans, karena tidak ada persiapan khusus bagi saya dalam berhijrah, baru lambat laun saya mengumpulkan baju panjang. Saya tidak langsung menjadi saya yang sekarang, saya yang sekarang lebih menyukai memakai rok dan jilbab yang menutup dada ( bukan yang diikat ke leher ). Orangtua sempat protes, katanya saya terlihat seperti karung berjalan..haha. Tapi inilah saya yang nyaman dengan pakaian seperti ini. Dengan ini saya bebas dari pandangan mata yang membuat saya gerah ( sebelum berjilbab saya sering mengalami pelecehan yang tidak mengenakkan.. ) Banyak sekali hal positif yang saya dapat dari perintah Allah yang satu ini. Walau kadang kepanasan, tapi bukankah masih panas api neraka kelak? Subhanallah..
------------------
Tak hukum tawar-menawar dalam berjilbab, karena Allah telah memerintahkannya, dan kita harus mematuhiNya. Yang esensial, jilbab itu bukan simbol parsial budaya, tapi bagian dari ketaqwaan yang harus dibuktikan secara nyata dalam keseharian. Dibenarkan dalam hati dan diwujudkan dalam perkataan dan tindakan nyata.
Jalan yang ditempuh setiap muslimah dalam pencarian jatidiri tidak sama. Ada yang mencari sepenuh hati, ada yang sambil lalu bahkan tidak peduli sama sekali. Tapi jika kita ingin mendapatkan hidayah itu harus dibarengi dengan usaha yang sebanding.. Apalah artinya ingin namun tak ada usaha?? Sia-sia saja.. Saya tidak mendeskritkan muslimah yang tidak atau belum mau berjilbab, tapi apakah dengan tidak berjilbab dirimu merasa aman?
Saya tahu mengenakan jilbab itu banyak kendalanya, tapi yakinlah bahwa Allah akan menolong kita. Pertolongan Allah itu pasti akan datang.
------------------
Memperingati 4 tahun jilbabku ( 21 September 2004 - 21 September 2008 )
Semoga istiqomah..
Semoga akan selalu menemani hingga akhir hidup kelak..
Semoga menjadi pelindung yang nyata..
Semoga Allah ridho..
Amien.

Jalanan mengajari banyak hal

Waktu saya pertama kali boleh naik motor sendiri rasanya gimana gitu...senanglah diberi kebebasan sendiri, sudah tidak tergantung dengan orang lain.
Tetapi banyak hal nyata yang bisa saya pelajari dibalik panas dan debu berterbangan. Seringkali saya memperhatikan hal sepele yang menurut saya itu bisa merubah paradigma saya sendiri dalam memperlakukan orang lain. Bagaimana memperlakukan orang di jalan, belajar bersabar, belajar untuk menerima yang lebih besar mengalahkan yang kecil.
Sering saat melintas di ruas jalan, saya melihat "pemandangan" yang membuat hati ini gerimis lalu menyebut " subhanallah "..
Banyak yang tidak saya sangka setiap hari.. Kadang saya malu jika melihat ada penjual makanan kelililng difabel yang harus mendorong gerobaknya di tengah siang yang terik di sela debu dan asap knalpot yang menghitam. Saya malu karena saya sering memberikan alasan-alasan yang saya ada-adakan jika diminta untuk datang ke kampus di jam-jam yang membuat saya enggan melangkahkan kaki keluar rumah. Saya malu karena kalah semangat dibanding sang bapak.
Sejak itulah saya menganggap apa yang saya lihat bisa jadi itu yang Allah anugerahkan pada saya agar saya senantiasa bersyukur.
---------
Amien

Laut : Pada-Mu aku tak berada

Laut :
Disana pusarannya memaknai jiwa
Agar tak henti bertasbih
Jika pada awalnya semua tak henti berbisik..semilir angin

Jingganya membasahi embun jiwaku
Torehan pada kanvas hatiku
Membuat bibirku kelu..
Adakah yang kucinta selain diri-Mu

Semarang, 30 Agustus 2008

Between The Puppies

Nothing special to do for this day.. Just stay at home because next i will missing time like this,,
Next week the lecture will be opened, i just start the new day with new activity..
Just prepared some stuff ^ ^
----
O ya.. i have been playing with my neighbour puppies. She had 2 puppies.. SO CUTE!!

Dermaga I

Ketinting - ketinting melajulah..
Sibak air yang nampak hijau dipunggung batu cadas
Bergurat kokoh menjulang langit..
Sisinya tampak padat, tak bercelah bagi gulma untuk tumbuh sesaat
--
Ketinting - ketinting melajulah..
Layar bertembelanmu tak jua berkibas
Angin tak sanggup kalahkan terik matahari
Menjauhlah dari dermaga,
kenanganku tertahan disana.. Aku ingin menjauh
dan menemukan daratan baru berpasir putih.
--
Langit akan segera memerah saga, artinya waktuku habis
Angin kan berhenti bersautan..
Aku pun tertahan di hempas gelombang!
Maka melajulah.
Sibak lautan garang, lewati bukit padas tanpa menoleh ke belakang.
--
Tampak kini dermaga menjauh. Seseorang diam tercenung, duduk di atas bebatuan.
Memandang sendu, seakan kehilangan
Buku yang kuberikan tergenggam erat di tangan yang sering kusebut sebagai tangan terindah
Yang kucium sebelum kulewati pintu rumah kecil kami.

..
Janjiku kan kembali

--------------------
Terpintas dermaga, Semarang 20 Agustus 2008

Hujan, setelah bernarasi panjang

Beberapa tampak berdesah lega setelah semalam hujan datang.
Tanah merekah merah.
Merindukan udara lembab yang ramah.
Banyak yang kemudian mendesah panjang.
Marah karena hujan datang begitu saja, membiarkan genangan tak dalam.
Helaan nafas panjang karena hujan merindu malam.

Semalam hujan datang, setengah berlari berkejaran dengan azan berkumandang,
Tak ada petir menggelegar, hanya kilat menyorot mata.
Membuatku berlindung dibalik selimut seraya mengucap syukur.
Tanah kembali basah. Daun kembali bernafas lega. Tanah mengatup sejenak.

Riak-riak hujan datanglah sesegera..


------------------------
Semalam Hujan Turun di Semarang, 20 Agustus 2008

Permittion Letters

Allah ijinkan aku menggenggam iman hingga udara terakhirku..
Meskipun kelak terasa berat, namun paksakan..hingga aku tak mampu
mengatakannya pada detik terakhir.
Allah ijinkan aku menggenggam manisnya Islam hingga tarikan nafas terakhirku..
Karena inilah pijakanku di dunia,
Demi dapatkan kemenangan gemilang di sana nanti..
Kebanggaanku tak dapat terkatakan
Kecintaanku tak mampu kuungkapkan..

-------------
Ah, aku tak mampu mengukur diri..
Imanku belum seberapa,
Kedekatanku pada-Mu?
Kedekatanku pada rasul-Mu?
Sudahkan sedekat urat nadi?
Sudahkah seperti darah mengalir ke seluruh raga?
-------------

Aku kerap melalaikan-Mu..
Maaf..

-------------

Harapku hanyalah satu..
Bahwa nafas terakhirku kelak menyebut asma-Mu


-------------
Inspirasi datang setelah searching di http://www.anadia.multiply.com/

Tak Ada Celah Bagi Gamang.

Gamangku hilang saat kau datang menawar rasa.
Pedih itu terkikis habis kala kau membawa ceria.
Sebelum aku meninggalkan semuanya dalam kotak kaca yang takkan kubuka.
Dalam bilik yang celahnya menoreh luka.
Dalam dan tak terkira.
Tak ada yang istimewa saat luka terobati.
Hanya lega yang kurasa.
Kuyakinkan bahwa rasa akan tumbuh menjelang waktu.
Jauh memang namun aku tahu, dia ada untukku.
Kadang gamangku muncul, merebak saat tak kudengar suaranya tersaput angin.
Kekhawatiranku kan hilang saat suaranya terjangkau olehku..
Dia membacakan kitab Allah, begitu juga aku.

-------------
Allah bentangkan jarak padanya.
Aku disini dan dia disana.
Gamangku kadang tak hilang meski dia meyakinkan.
Jangan katakan malam takkan pernah usai.
Ini semua kan berakhir. Ada ujung disebelah sana.
Jangan khawatir.
-------------

Episode ini terlalu pendek untuk diceritakan.
Aku menyimpannya dalam ruang rapat ( didalam hati )
Hanya dia yang dapat merasa bahwa itu ada dan akan terus ada.
Aku tak hendak memainkan drama percintaan.
Bukan!
karena aku tak pandai bersandiwara.
Aku hanya ingin bilang CINTA.
pada waktu yang kita sepakati nanti.

---------------
Semarang, 16 Agustus 2008.

( Diruang yang sama. Saat kita ada dilangit yang tak berbeda. )

Kleur van de Liefde - Boyz II Men -


Dus Man Ik dank u,
Ik kan niet genoeg bedanken, Voor mij blijkt de zin,
De betekenis van ware liefde.
Toen ik ging verloren en zo moet je in je hart opengesteld
Toen ik nodig u aan comfort me u opengesteld je armen
Ik kon niet geconfronteerd met een andere dag, u zei wees niet bang
U toonde mijn hart het, liet me de weg.

Ik Hou Van Jou, Lieve

Een groot deel van de Groene in mijn hart

Groene .. Toen zag ik het gras in uw achtertuin
U heeft mij uitgenodigd om te zitten op de bank.
Willow bomen naast ons.
U laat het me om te zeggen het woord.
We hebben gesproken voor 2 uur en u het nemen van een diep adem
Op zoek binnen mijn bruine ogen ..
"Heeft u laat mij het een?"
Groene .. Het gras groeit zo snel.
Ik kan niets zeggen ..
Maar mijn hart laten we u om hier te zijn wordt het een.
Die zal mij leiden.
-------------------------
Semarang. 16 augustus 2008

Sesederhana kukatakan

Antara yang ingin kusampaikan adakah tertahan?
Karena mengatakannya ternyata tidaklah mudah..
Memaksakan hati yang kelu untuk berkata-kata
Jikalau ada yang ingin kukatakan padamu
Itu bukanlah untuk saat ini
Jarak yang membentang terlalu panjang..
Diantara waktu yang menjeda kan kurangkai satu-satu
Membentuk sebuah kata yang akan kusampaikan
padamu..nanti

Kenapa mau jadi Volunteer??

I dont know why...
*Dari awal kuliah aku udah nyari pembukaan volunteer untuk lingkungan, selama 2 taun nyari dan nunggu.. That's The Time.!! Finally I got that chance becomes a VOLUNTEER. Jadi volunteer untuk nanem mangrove. Awalnya aku sama sekali buta tentang apa itu mangrove, sempet nyari di http://www.wikipedia.com/ tapi masih blank. Baru pada tanggal 18 - 20 Juli 2008 aku mulai sedikit sedikit paham..ternyata mangrove itu gitu ya? Usefull banget, tapi sayang mulai terkikis karena banyak faktor. Sedangkan untuk menunggu mangrove sampai mangrove tumbuh besar butuh waktu yang lama, bisa belasan hingga puluhan tahun. Anak sospol yang belajar mangrove, Why Not? Aku malah suka. This is my world. Hehe..mungkin seharusnya aku masuk jurusan lingkungan kali ya? Tapi ya sudahlah.. this is my own way and i have to face it.
*Kalo mau dipikir, apa ya mau buang-buang uang? waktu? tenaga? sampe rela kulitnya kebakar matahari? Nggak kan.. Tapi ini beda, ada sesuatu yang membuat semua alasan itu harus dikesampingkan, aku gak peduli sama itu semua. Asalkan yang aku lakuin ini bermanfaat.. Ya itu, karena aku suka jadi aku mau ^ ^
Bukan aku ngerasa sebagai jagoan, tapi inilah jalannya. Mungkin ini akan berlanjut sampai seterusnya. Alhamdulilah masku, orangtua, sampe adekku satu2nya juga mendukung.
Salam Mangrover!!
PS : Maaf buat Anda yang merasa menebang mangrove dan membaca tulisan ini atau tulisan teman-teman di http://www.kesemat.blogspot.com/. Karena bibit-bibit mangrove akan terus tertanam.

Anda Yang Menebangi, Kami Yang Menanami

Taken From : http://www.kesemat.blogspot.com/ ( Sunday, August 3, 200 )

Kali ini, kami minta tolong kepada Anda semua. Tolonglah kami. Janganlah lagi menebangi pohon-pohon mangrove yang hidup dan berkembang biak di pesisir kita. Kalau saja, Anda mau menanaminya kembali, mungkin kami tak perlu meminta tolong seperti ini, kepada Anda. Tapi, sayangnya Anda tak pernah mau melakukan yang tersebut terakhir, ini. Setiap kali Anda menebangnya untuk pertambakan, perumahan, dan peruntukan lainnya, lahan-lahan mangrove di pesisir, tak pernah Anda sentuh, Anda pedulikan, apalagi Anda tanami mangrove, lagi.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
inilah “pekerjaan” kami sebagai seorang MANGROVER yang baik. Para KeSEMaTERS dan 50-an KeSEMaT’s Mangrove Volunteer (KeMANGTEER) dengan sukarela menanami kembali lahan-lahan mangrove “sisa” pertambakan Anda, yang kini sudah tak produktif lagi. Memang, dulunya kawasan ini adalah hutan mangrove yang lebat. Namun karena keserakahan Anda, demi mengeruk keuntungan semata, pola manajemen pertambakan yang telah Anda jalankan kiranya hanya merusak lahan yang dulunya produktif menjadi sebuah sampah tak berguna. Pelan-pelan dan secara bertahap pula, kami berusaha memulihkannya kembali dengan usaha penanaman ribuan bibit-bibit mangrove baru.Walaupun usaha yang kami lakukan adalah sukarela dan tak mengharapkan imbalan apapun, namun jujur kami merasa menjadi sebuah pihak yang selalu terkena batunya, akibat perbuatan Anda yang bak melempar sebuah batu lalu menyembunyikan tangan Anda. Mana tanggung jawab Anda terhadap pesisir pantai Trimulyo, Genuk Semarang yang kini kondisinya sangat memprihatnkan. Sungguh mengenaskan! Cobalah Anda berkunjung ke sana, di sepanjang pantai yang letaknya persis di belakang Kawasan Industri TERBOYO - Semarang yang terkenal itu, 90% lahan mangrovenya telah berubah menjadi area pertambakan yang kini sudah tak produktif, lagi. Dengan kata lain, tinggal 10% saja, vegetasi mangrove-hidup ditemui di sekeliling rumah warga yang juga tinggal menunggu waktunya, tertelan laut.Semua kerusakan yang terjadi atas pesisir Trimulyo, sebenarnya adalah akibat dari perbuatan Anda yang dengan serakah telah mengeruk produktifitas hutan mangrove, demi mengisi kantong Anda. Lalu, yang tak kami habis pikir adalah, mengapa jadi kami yang harus lebih peduli dengan pesisir Trimulyo dan bukannya Anda? Apabila dinalar, seharusnya siapa yang menabur benih, bukankah dialah yang seharusnya menanam? Andalah yang seharusnya lebih peduli, lebih bertanggung jawab dan wajib menginvestasikan uang yang telah Anda keruk dari mangrove, untuk memulihkannya, kembali. Sayangnya, yang terakhir inipun, tak pernah pula Anda lakukan.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tapi tak apalah, tak mau menghabiskan waktu dengan “tuntutan-mubazir” kami kepada Anda. Kami telah memilih untuk bekerja secara langsung di lapangan. Sebagai informasi saja, bahwa mulai tahun lalu (2007), kami telah mengumpulkan ratusan KeMANGTEER yang terdiri dari para mahasiswa dari seluruh Indonesia, untuk mulai bergerak bersama KeSEMaT menyelamatkan pesisir Semarang yang dulunya indah menjadi berkilau kembali. Namun, karena tingkat kerusakannya sudah sangat sangat sangat parah, untuk memulihkan kawasan mangrove yang telah terkena abrasi parah ini, butuh minimal puluhan tahun ke depan, itupun dengan catatan, adanya sebuah kontinyuitas dan kerjasama dengan berbagai pihak terutama para stake holder di Semarang.Untunglah, beberapa dinas di Semarang seperti Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang dan beberapa dinas lainnya, telah sadar dan membuka pikirannya untuk mulai bergerak menciptakan beragam program pelestarian penyelamatan pesisir Trimulyo, bersama kami. Semenjak beberapa tahun ke belakang, bibit-bibit mangrove mulai ditanam di lokasi ini. Program-program mangrove seperti Mangrove Conservation (MANGCON) dan Mangrove Restoration (MANGRES) (lihat foto di atas, MANGRES terakhir bertajuk MANGRES 2008: Penyuluhan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove diadakan oleh KeSEMaT pada tanggal 30 Juli 2008 dengan melibatkan lebih dari 50 peserta dan menanam 1000 bibit mangrove dari jenis Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), silih berganti kami adakan, di sini. Walaupun hasilnya masih tak maksimal karena ada beberapa benturan dari beberapa instansi lainnya yang dengan sangat tega menebang bibit-bibit mangrove yang telah kami tanam, dengan alasan adanya normalisasi sungai, namun itu semua tak menyurutkan semangat kami, untuk selalu bekerja-keras menanam mangrove kembali, di beberapa titik abrasi lainnya. Ini semua kami lakukan demi membentuk kembali keseimbangan ekosistem peisisir yang dulunya tercipta di kawasan ini.Sekali lagi, tanpa bantuan Anda yang telah dengan semena-mena merusak kawasan mangrove di Trimulyo, kami telah bisa bekerjasama dengan berbagai instansi dan organisasi di Semarang untuk menyelamatkan mangrove di pesisir-pantai-rusak Anda.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga dengan adanya artikel kecil ini, Anda bisa tergugah dan menyadari kesalahan Anda pun dengan sigap menghubungi kami, dan bergabung di usaha-usaha penyelamatan mangrove, ini. Tapi, jujur, kami 100% tak yakin Anda akan melakukannya. Maafkan kami. Salam MANGROVER!

4 kucing berkerumun di kasur

Akhir-akhir ini mamah jadi lebih sering ngomel..eits bukan karena aku nakal, tapi kamarku selalu berantakan..ada banyak barang disana..mulai dari buku-buku bacaanku, jilbab, mukena, tas kuliah, gelas..dah kayak kapal pecah pokoknya. Padahal tiap hari juga udah diberesin, disapu, dipel, kurang apa lagi coba?? Yang nambah parah suasana adalah adek-adek berbuluku " KUCING".. mereka sering banget maen dikamarku, sampe pernah pup juga gara-gara ke kunci pas semalem nebeng bobo' dikasurku.. hahaha.

* Kucingku ada 8 ekor. Tiga diantaranya adalah kucing asli, sisanya kucing liar yang nebeng makan ( akhir-akhir ini nebeng ngelahirin juga nebeng bobo di sofa + di kasur ) walau mereka kucing liar tapi mereka ga jorok dan ga nakal. Kadang sih wajar kalo ada yang nyolong gorengan di meja atau tempat sampah yang diacak-acak. Namanya juga cinta..cinta sama kucing maksudnya ^ ^ Aku berinteraksi sama kucing udah hampir sepanjang umurku, 20 taun. Dari bayi juga udah dikenalin sama kucing, Yup..keluarga besarku emang pecinta kucing juga.. Kucingnya bukan ras keturunan, cukup kucing kampung yang terlantar di jalanan yang diambil terus dipelihara. Sekarang dirumah kucing-kucingku jadi penghibur. Mereka lucu banget lho? Yakin. Suka bikin ketawa, senyum-senyum sendiri.. secara mereka kalo pas bobo' gayanya unik-unik. Kata ayah, anak sama mamahnya sama-sama stressnya.. :p

* Bukannya jarang temen, sodara, pacar yang bilang.. Bahaya kalo sering maen sama kucing, ntar gak bisa punya anak, ntar anaknya cacat, ntar kena TOKSO.. Bukannya jarang pula aku hunting info seputar bahaya itu. Kebersihan adalah kunci utamanya. Kucingku emang kadang pup sembarangan, terutama Ochin, maklum dia buta dari lahir, penciumannya terganggu sejak dia kelindes mobil waktu kecil. Tapi abis pup aku langsung ngebersihin tuh pup, jangan dibiarin 2x24 jam supaya jamur yang mengandung bakteri TOKSO ga berterbangan. Makanannya juga dijaga, harus mateng, jangan biarin kucing makan bangkai tikus!, Kasih kucing obat cacing yang bisa dibeli di Pet-Shop. Kalo di tembalang, obat cacingnya bisa dibeli di Pet-Shopnya Drh. Sayekti ( depan SPBU Ngesrep ) setiap 3bulan sekali. Harganya ga mahal koq, ada yang 1 tablet 5 ribu - 15 ribu.

* Sampe malem ini udah ada kucing yang tiduran di kasurku.. Enak banget pake kipas angin, anget, ga kedinginan.. Hufh.. kayaknya hobiku ini bakalan nular ke keluargaku nanti ( Maksudnya?? ^ ^ Amien ) sama kayak mamah nularin hal yang sama ke aku juga adekku.

** nama kucing yang ada dirumahku : Ochin, Bonita, Uchie, Ableh, Adul, Can-Can, Semok, EsTe..
juga satu burung beo (12taun) : Leo

Alhamdulilah nilai UAS semester 4 udah keluar.. tinggal 2 yang belum, masing-masing 2 sama 3 SKS. Sebelumnya disemester 3 akhir aku udah ber-azzam, kalo di semester 4 aku harus giat lagi, bisa ngebagi waktu antara aktivitas, kuliah, les dan waktu buat keluarga. Di semester 4 ini lebih banyak mata kuliah wajib yang ber-sks 3.

Alhamdulilah azzamku terpenuhi. IP 3,... bisa didapat ^ ^

Ini semua karena bantuan dari orang disekitarku, terutama mamah. Dan buat Allah yang bagiku adalah segalanya dalam hidup ini.

Mangrove Restoration 2008

Abrasinya udah menggila.. suhu disana panas banget.. cukup untuk menghitamkan kulit.. tapi ah aku ga peduli, mau kotor mau item ga masalah.. yang penting apa yang bisa aku lakuin ini bermanfaat buat lingkungan. This is a new expert for me!
------------------------------------------------------------------------------------------------
Semarang 29 - 30 Juli 2008, acara yang diselenggarain Kesemat kali ini bertajuk " Mangrove Restoration 2008 " di daerah Genuk, Trimulyo, Semarang. Daerah ini ada di sekitar Terminal Terboyo, Kaligawe. Tanggal 29 Juli adalah hari pendistribusian bibit mangrove, volunteer boleh ikut atau nggak. Akhirnya yang ikut cuma beberapa aja. Aku sendiri ga bisa ikut soalnya hari itu aku juga ada tes speaking english. Adekku pulang sampe rumah ba'da maghrib, trus mukanya item gitu.. haha.. tapi yang bikin iri tuh foto-fotonya.. :p
------------------------------------------------------------------------------------------------
Tanggal 30 Julinya mulai acara penanaman 1000 bibit mangrove Rhizopora, Innalilahi tempatnya gersang.. Jalan mau ke lokasi penanamannya serem karena sebagian tanah udah kena abrasi yang menggila.. Akhirnya mulai nanem, udah pake kaos kaki, pake cadar, pake baju serba item ( Hihi,.. ini pengalaman waktu Mangrove Replant kemaren ) tetep aja mukaku merah kena sengatan matahari. Tapi itulah seninya, halah :p Karena yang ngerjain rame-rame makanya kerjaan ini cepet selesai.. Alhamdulilah..
Karena udah capek, aku sama adekku langsung pulang ( Masih dengan lumpur melekat di kaki, baju, jilbab, tas, celana.. hehe Kayak abis dari sawah .. iya sawah mangrove.. )
------------------------------------------------------------------------------------------------
Say thanks to mas-mbak di Kesemat yang udah nyelenggarain acara ini. Sampe ketemu lagi di Mangrove Conservation. Mumpung aku masih bisa ikutan. Soalnya kalo udah ketemu sama jadwal kuliah aku ga bisa lagi ikutan acara ini.

Salam Mangrover! Let's save out mangrove areas. Let's save our environment!