PR CAMPAIGN : Tugas Akhir


** Issu yang kami angkat mengandung 5 dimensi Menstruasi

Untuk issu yang kelompok kami angkat adalah bahasan mengenai hal yang sudah jamak bagi kaum wanita, dimana kamu wanita pasti mengalami siklus mestruasi setiap bulannya. Berangkat dari hasil riset yang kami lakukan kepada 30 responden yang terdiri atas mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UNDIP SEMARANG. Kami menyimpulkan bahwa fenomena yang terjadi adalah bahwa rata - rata mahasiswi sudah melakukan tindakan - tindakan sederhana untuk menjaga kebersihan Miss V selama masa menstruasi maupun masa pasca menstruasi. Namun, tingkat pengetahuan yang mereka miliki masih kurang, sehingga mereka kurang mengetahui manfaat dibalik tindakan preventif itu. Maka kami bertujuan ingin meningkatkan pengetahuan responden, mahasiswi FISIP pada khususnya, terhadap pentingnya memberi perhatian ekstra pada Miss V selama masa menstruasi.

Masa menstruasi memang memerlukan sedikit kecermatan dibandingkan hari biasa. Kenapa?

(1) Darah yang mengendap dalam pembalut mengandung banyak bakteri, area seputar vagina yang lembab sangat disukai oleh bakteri, sehingga mau tak mau wanita harus sesering mungkin mengganti pembalutnya selama masa menstruasi, dimungkinkan 4 jam sekali

(2) Pembalut terbuat dari bahan kertas recycle, sedangkan untuk merecycle kertas pasti dibutuhkan zat kimia yang bila terkena air akan menimbulkan reaksi tertentu, apabila zat ini masuk ke dalam vagina, efek jangka panjangnya adalah Kanker Serviks, itulah alasan kedua mengapa kita harus sesering mungkin mengganti pembalut.

(3) Bila Anda sedang berada di toilet umum, harap waspada! Jangan membasuh Miss V Anda dengan air yang tertampung didalam bak atau ember, optimalkanlah air dari keran. Karena air yang tertampung dalam bak atau ember mengandung lebih banyak bakteri ketimbang air yang mengalir.

(4) Selalu sedia handuk mini dalam tas Anda kemanapun Anda pergi, keringkan vagina Anda menggunakan handuk yang lembut, ini lebih baik dari pada menggunakan tissu, karena tissu terbuat dari bahan kertas juga.

(5) Celana dalam juga termasuk faktor yang penting, karena bersentuhan langsung dengan area kewanitaan kita, bila tidak sering diganti akan menimbulkan jamur dan mengakibatkan rasa gatal.

0 komentar: